Cengkeh sering digunakan sebagai obat tradisional. Ia memiliki beragam kandungan, seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, dan zink. /Antara
Health

Cengkeh dan Kayu Manis Bisa Tingkatkan Kadar Oksigen? Ini Faktanya

Aliftya Amarilisya
Rabu, 1 September 2021 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Beredar narasi di media sosial bahwa mengunyah cengkeh dan kayu manis dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah.

Berikut informasi yang dimaksud:

"Tolong beri tahu siapa saja yang kadar oksigennya rendah untuk mengunyah cengkeh atau kayu manis. Ini meningkatkan kadar oksigen. Hal ini dibuktikan dengan seseorang yang kadar oksigennya turun menjadi 91 red alert selama 2 atau 3 hari. Mereka tidak bisa mendapatkan rumah sakit atau hotel karantina. Beberapa orang menyuruh mereka untuk mencoba mengunyah cengkeh atau kayu manis & kemudian kadar oksigen meningkat secara bertahap menjadi 95 & sekarang 97/98. Tolong bagikan ini bisa menyelamatkan nyawa. Bahkan alpukat sangat bagus."

Faktanya, hal tersebut sama sekali tidak dibenarkan. Dilansir dari Antara, Inggrid Tania selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu mengatakan bahwa belum ada riset yang membenarkan klaim itu.

"Belum bisa dipertanggungjawabkan informasi seperti itu," kata Inggrid, dikutip pada Rabu (1/9/2021).

Inggrid memang mengakui bahwa cengkeh dan kayu manis memiliki sifat antiperadangan. Akan tetapi, pihaknya sama sekali tidak menyarankan masyarakat untuk mengunyah cengkeh dan kayu manis, sebab bisa menimbulkan iritasi.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui situsnya pun menegaskan bahwa kabar tersebut termasuk dalam disinformasi.

Dalam keterangan yang didapat dari Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt. tidak ada uji klinis yang menunjukkan bahwa zat yang terkandung dalam dua tanaman tersebut bisa meningkatkan oksigen dalam darah ataupun meredakan gangguan pernapasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro