Ilustrasi waktu
Relationship

Kebiasaan Orang Sukses Soal Waktu, Salah Satunya Seperti Pemalas

Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 3 September 2021 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin Anda sering merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam sehari. Namun 5 tips ini dapat membantu Anda menjadi lebih produktif.

Setiap orang memiliki waktu yang sama. Namun yang membedakan adalah hal apa saja yang Anda lakukan pada hari itu. Perbedaan itulah yang menciptakan orang-orang yang kemudian menjadi sukses, atau menjadi stagnan.

Jika Anda ingin mencapai tujuan Anda dan lebih dari apa yang Anda capai biasanya, Anda dapat mengikuti 5 tips ini agar dapat memaksimalkan waktu dengan baik, yang dilansir dari Entrepreneur pada hari Selasa (31/08/21).

1. Berpikirlah seperti orang malas

Dibandingkan Anda duduk untuk melakukan pekerjaan yang membosankan, temukanlah cara bagaimana membuat pekerjaan tersebut tidak terlalu membosankan. Buat alur kerja, otomatisasi, dan inovasi yang memungkinkan Anda melakukan lebih banyak dengan sedikit usaha dan gunakan waktu itu unutk mengatasi masalah berikutnya. Secara tidak sadar, Anda akan menyadari bahwa Anda telah jauh didepan di dalam kompetisi.

2. Jangan lakukan tugasmu secara berurutan

Risiko dengan to-do list adalah kebanyakan orang menganggap tugas tersebut harus diselesaikan secara linier. Sebaliknya, terapkan estimasi waktu untuk setiap item. Bagilah pekerjaan sesuai dengan seberapa lama pekerjaan tersebut dapat selesai. Lakukanlah apa yang Anda bisa dan Anda akan kagum dengan apa yang telah Anda selesaikan dalam hari tersebut.

3. Memaksimalkan waktu ketika di perjalanan

Dibandingkan melihat sosial media saat menaiki transportasi online, atau melihat jendela saat di perjalanan, Anda dapat memaanfaatkan waktu tersebut untuk membalas email atau mempersiapkan pertemuan yang akan datang. Jika tidak bisa, Anda dapat membaca buku yang bermanfaat bagi Anda, podcast, atau membaca artikel yang ditulis oleh para ahli.

4. Pertimbangkan keuntungan dalam investasi waktu

Jika Anda ingin berkomitmen terhadap sesuatu, pastikan hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi Anda. Jika Anda bergaul dengan teman yang dapat menghilangkan pekerjaan, keluarga, atau pendidikan Anda, maka investasi waktu Anda tidaklah sepadan. Pastikan Anda memanfaatkan investasi waktu yang sepadan. Hal ini memang sulit dihindari jika sifatnya merupakan kewajiban. Namun Anda bisa saja menolaknya.

5. Mengalihdayakan sisanya

Sebagian besar pemimpin bisnis ingin berpikir bahwa mereka harus sangat terlibat dalam setiap aspek usaha mereka. Padahal, Anda lebih baik mengembangkan keahlian Anda dan kembangkan hingga tidak ada yang dapat melakukannya lebih baik dari Anda. Janganlah menyibukan diri pada hal yang Anda tidak kuasai, dan temukanlah orang-orang yang unggul di bidang yang Anda tidak terlalu kuasai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro