Inul Daratista/Istimewa
Entertainment

Inul Daratista Minta Maaf Soal Pembelaannya ke Saipul Jamil

Newswire
Senin, 6 September 2021 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Inul Daratista meminta maaf usai pembelaannya terhadap Saipul Jamil menuai kecaman dari masyarakat. Ia mengutarakan penyesalannya di halaman Instagramnya. Uniknya, Inul tidak langsung menyebut nama Saipul Jamil tapi menggantinya dengan kata si Fulan. 

"Selamat pagi semua. Saya, MEMINTA MAAF yang sebesar-besarnya jika dalam tayangan dan komentar saya tentang si Fulan sangat menyakiti Anda semua. Sejujurnya tidak ada niatan untuk apapun. Dengan si Fulan pun sebagai teman," tulisnya di awal keterangan unggahannya, Senin (6/9/2021). Istri Adam Suseno ini mengunggah fotonya tengah tiduran untuk mengungkapkan penyesalannya. 

Setelah bebas dari penjara karena kasus pencabulan terhadap anak-anak, Saipul Jamil langsung mendapatkan undangan dari stasiun televisi untuk tampil. Ia sudah mendapatkan program yang menandai kembalinya Saipul di televisi. Hal ini membuat masyarakat ramai-ramai menandatangani petisi Boikot Saipul Jamil yang ditujukan ke Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI agar melarang stasiun televisi memberikan tempat bagi Saipul. 

Berbeda dengan banyak orang, Inul Daratista menyatakan tak suka dengan perilaku netizen yang menurut dia telah mem-bully Saipul Jamil. Menurut dia, Saipul telah mendapatkan pelajaran besar dengan bersekolah selama lima tahun di penjara. "Pesan buat netizen, atau orang-orang yang bully abang, gue enggak suka banget karena dia udah sekolah, jadi enggak perlu ditambahin lagi masalah-masalah kemarin diungkit-ungkit," kata dia. Inul beralasan, pembelaannya kepada Saipul adalah hal wajar, saat lama tak bertemu teman dan berjumpa kembali. "Bagi saya, selalu melihat sisi baik seseorang saja meski tindakannya tidak baik. Bagi saya, apapun hal negatif yang ada pada dirinya, saya tidak turut campur," tulisnya. 

Ibu seorang anak remaja ini menjelaskan alasannya membela kehadiran Saipul di televisi. "Dalam sebuah program, kadang kita dituntut harus bisa membuat isi dari program bagus dan menarik meski di luar on air tidak ada hal apapun yang harus dibahas dan dilakukan," tulisnya. Sebagai teman, kata dia, dengan siapapun, ia selalu mendoakan yang terbaik. "Tidak ada kata mengistimewakan."  

Inul menyadari kesalahannya. "Manusia tidak ada yang sempurna, sekiranya apapun yang menyangkut tentang saya dan si Fulan kemarin, saya dengan segala kerendahan hati, mohon maaf yang sebesar-besaranya karena sudah menyakiti hati anda semua tentang komentar dan tindakan salah saya menurut Anda semua," tulisnya. 

Sambutan stasiun televisi yang langsung memberikan tempat bagi Saipul dikritik banyak pihak. Sutradara, Angga Sasongko langsung membatalkan rencana pemutaran film Nussa dan Keluarga Cemara di Trans TV. Ia menghentikan semua pembicaraan dan kesepakatan distribusi dua film itu dengan stasiun televisi terkait. 

Sutradara dan komika, Ernest Prakasa menyindir soa bau busuk menyengat di televisi. "Bau busuk apa yang menyengat ini. Oh, ternyata bau bangkai dari matinya nurani stasiun TV yang memperlakukan mantan napi pelecehan seksual bagaikan pahlawan," cuitnya, kemarin. Ia juga menyindir KPI yang tidak bereaksi atas petisi Boikot Saipul Jamil yang sudah ditandatangani 300 ribu orang. "Ke mana KPI?! Oh iya lupa, lagi sibuk nyoret-nyoretin biji pake spidol. Parah banget dasar Komisi Penyiaran Indianpolis," sindir Ernest mengenai kasus pelecehan seksuan di internal KPI. 

Saipul Jamil menjalani hukuman delapan tahun penjara dalam kasus pencabulan dan penyuapan yang menimpanya. Hukumannya ditambah setelah ia terbukti menyuap panitera pengadilan. Namun ia mendapat 30 bulan pemotongan hukuman atau remisi. Saat keluar dari penjara, Saipul disambut bak pahlawan. Ia dikalungi bunga dan diarak mengenakan mobil Porsche merah yang membuatnya seperti pemenang medali emas olimpiade. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro