Tips merawat rambut agar tidak rusak dan kering/Freepik.com
Health

Rambut Kering dan Rusak? Lakukan 3 Cara Ini untuk Merawat Rambut

Rika Anggraeni
Selasa, 14 September 2021 - 19:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masalah rambut dapat terjadi ketika Anda mengabaikan rambut Anda untuk waktu yang lama. Namun, terkadang terlalu sering melakukan hal-hal tertentu dapat menyebabkan masalah.

Di masa pandemi Covid-19, kesehatan rambut menjadi fokus karena banyak orang melaporkan kerontokan rambut setelah pemulihan mereka dari infeksi mematikan. Banyak orang lain yang tinggal di rumah atau bekerja dari rumah (WFO) juga mungkin mengabaikan rutinitas perawatan rambut mereka karena tidak keluar rumah.

Meskipun tidak mengoleskan minyak rambut (hair oil) atau mencucinya selama berhari-hari, hal itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda. Tetapi, keramas berlebihan juga sama berbahayanya.

"Air tidak baik untuk rambut Anda. Air akan terhubung ke batang rambut melalui kutikula dan ketika mengering, ia menguap dan keluar dari kutikula. Jadi setiap kali masuk dan keluar dari batang, rambut Anda menjadi lebih kering dan keriting dan juga menyebabkan hilangnya protein pada rambut sehingga rambut Anda kehilangan kekuatan," kata Kepala R&D Skinkraft Laboratories Dr. Kaustav Guha, Selasa (14/9/2021).

Dilansir dari Hindustan Times, Dr. Ghuna membagikan tips mengenai beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat merawat rambut, antara lain:

1. Mencuci rambut
Jika Anda tidak pergi keluar, Anda tidak perlu mengabaikan rambut. Tetapi pada saat yang sama, Anda tidak perlu berlebihan dalam mencuci rambut. Sekali dalam tiga hari adalah waktu yang tepat untuk mencuci rambut.

2. Meminyaki atau melembabkan rambut
Anda bisa menggunakan minyak rambut lalu membiarkannya selama satu jam sebelum keramas agar sampo tidak mengeringkan rambut Anda. Jika Anda tidak memiliki minyak rambut, Anda bisa melembabkan rambut dengan kondisioner.

Jika Anda memiliki rambut kering dan keriting, Anda membutuhkan produk dengan kandungan pelembab yang tinggi. Di sisi lain, rambut berminyak membutuhkan kondisioner yang lebih ringan. Sampo bebas sulfat direkomendasikan karena menjaga minyak alami di kulit kepala dan rambut.

3. Jangan terburu-buru
Terutama di musim hujan, ketika keringat lima kali lebih banyak dari biasanya membuat rambut lebih rapuh.

Rambut kering normal memiliki beban patah 120-150 gram, rambut basah dapat patah 30-40 gram lebih banyak, yang membuatnya lima kali lebih rapuh. Bersikaplah lembut saat mengoleskan sampo dan juga saat Anda mengeringkannya dengan handuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro