Gigi Hadid di Met Gala 2021/Instagram @_metgala2021
Entertainment

8 Fakta Met Gala, Harga Tiket Tembus Rp400 juta

Aliftya Amarilisya
Jumat, 17 September 2021 - 08:02
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Gelaran Met Gala 2021 telah berlangsung pada Senin (13/9/2021) lalu di Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat, waktu setempat. Namun hingga kini, acara bergengsi yang setara dengan Oscar tersebut masih saja diperbincangkan.

Maklum saja, pasalnya acara yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta fesyen ini sempat dibatalkan sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang tiba-tiba muncul, membuat Met Gala 2020 urung digelar.

Untungnya, pihak penyelenggara kembali menghelat acara tersebut secara fisik pada tahun ini. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat dan mengharuskan para tamu untuk menunjukkan bukti vaksinasi lengkap, Met Gala 2021 digelar dengan lebih intim.

Namun, bagaimana sih sejarah dari Met Gala ini sendiri? Lalu, fakta-fakta menarik apa yang ada dalam acara ini?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut adalah ulasannya.

1. Digelar pertama kali tahun 1948
Met Gala pertama kali digelar pada tahun 1948 oleh humas mode ternama Amerika, Eleanor Lambert. Acara tersebut ditujukan sebagai salah satu cara Costume Institute dalam mengumpulkan dana untuk membuat pameran.

Adapun Costume Institute sendiri adalah museum seni kostum yang dibentuk pada 1937 dan dipimpin oleh pendiri Neighborhood Playhouse, Irene Lewisohn. Pada tahun 1946, Costume Intitute lalu bergabung dengan Metropolitan Museum of Art. Sejak saat itu, mereka pun rutin mengadakan pameran guna memperlihatkan koleksi teranyarnya.

Sementara itu, agar dana yang didapatkan banyak, Eleanor pun mengkhususkan acara tersebut untuk masyarakat kelas atas. Dikutip dari The Cut, pada gelaran pertamanya tiket acara dijual dengan harga cukup fantastis untuk ukuran kala itu, yakni USD50 atau sekitar Rp712 ribu.

2. Mulai mengundang selebriti pada tahun 1972
Tahun 1972, editor fesyen Diana Vreeland menjadi konsultan untuk Met Gala. Pada kesempatan tersebut, ia lantas membuat Met Gala menjadi lebih glamor. Tak hanya melibatkan masyarakat kelas atas, ia juga mengundang selebriti ternama, seperti Andy Warhol, Diana Ross, Elton John, dan Elizabeth Taylor.

3. Tak sembarang orang bisa hadir
Met Gala adalah salah satu acara karpet merah "tersulit". Dalam konteks ini, tak semua orang bisa menghadirinya, bahkan pada mereka yang menjadi perwakilan merek fesyen yang mana biasanya memiliki meja di Met Gala dan dapat mengundang beberapa selebriti untuk mengisi mejanya.

Untuk diketahui, semua tamu yang hadir di Met Gala harus melalui proses seleksi. Anna Wintour adalah sosok penentu di balik tamu-tamu yang hadir tersebut.

4. Harga tiket capai ratusan juta
Seperti yang sudah dipaparkan di awal, Met Gala memungut tiket dari para tamunya. Tiket tersebut dijual per kursi atau per meja yang biasanya dibayar dari kantong pribadi ataupun dari pihak rumah mode yang mengundang.

Dikutip dari Bloomberg, saat ini harga tiket mencapai USD35.000 atau setara sekitar Rp498 juta.

5. Memiliki lima peraturan khusus
Acara yang sangat bergengsi ini memiliki sejumlah peraturan khusus bagi para tamunya, yaitu dilarang bermain media sosial dan selfie, tidak mengizinkan anak dengan usia di bawah 18 tahun hadir, tidak boleh merokok, dan tidak ada hidangan dengan bumbu bawang yang menyengat.

Selain itu, tempat duduk pun diatur ketat. Dikutip dari The Independent, pihak panitia harus memastikan agar pasangan tidak duduk bersebelahan, tidak mendekatkan selebriti yang tengah perang dingin, dan mengatur brand dengan selebriti yang sebelumnya belum pernah berkolaborasi.

Di samping supaya setiap tamu bertemu dengan orang-orang baru, hal tersebut bertujuan agar terjalin kerja sama baru ketika gelaran Met Gala selesai.

6. Mengangkat tema berbeda setiap tahunnya
Met Gala selalu mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya. Tujuannya, yakni memacu kreativitas desainer dalam menciptakan beragam mode fashion.

Nah, pada tahun ini, tema yang diambil adalah ‘American Independence’. Bersamaan dengan itu, acara pameran pun akan digelar menjadi dua bagian dengan dua tema berbeda. Pameran pertama yang bertajuk ‘In America: A Lexicon of Fashion’ akan dibuka pada Sabtu (18/9/2021) besok di Anna Wintour Costume Center, New York, AS. Lalu, pameran kedua ‘In America: An Anthology of Fashion’ akan dibuka pada 5 Mei 2022 di American Wing, New York, AS.

7. Chairs dan co-chairs
Setiap tahun Met Gala juga memiliki co-chair atau wakil berbeda yang membantu menyelenggarakan acara tersebut. Khusus tahun ini, Met Gala menggandeng aktor Timothee Chalamet, penyanyi Billie Eilish, petenis Naomi Osaka, dan penyair Amanda Gorman.

Menariknya, Billie Eilish di sini juga menjadi host acara. Kabarnya, perempuan berusia 19 tahun tersebut menjadi host termuda sejak Met Gala digelar pertama kalinya.

8. Ditutup dengan after party
Setelah acara makan malam selesai, rangkaian acara berlanjut dengan acara after party. Pada kesempatan ini, para tamu diperbolehkan untuk mengganti busana mereka dengan pakaian yang lebih santai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro