Ilustrasi orang sedang duduk
Health

Hindari 11 Kebiasaan yang dapat Memperburuk Metabolisme Anda Berikut Ini

Ni Luh Anggela
Sabtu, 18 September 2021 - 04:06
Bagikan

Kurang Gerak dan Doyan Minuman Manis

1. Tidak aktif bergerak

Gaya hidup sedentari dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari. Saat ini,  banyak orang yang duduk lama di tempat kerja, yang dapat memiliki efek negatif pada tingkat metabolisme dan kesehatan secara keseluruhan.
 
Meskipun berolahraga dapat berdampak besar pada jumlah kalori yang Anda bakar, aktivitas fisik dasar, seperti berdiri, membersihkan, dan menaiki tangga, dapat membantu Anda membakar kalori. Jenis aktivitas ini disebut sebagai thermogenesis aktivitas non-olahraga (NEAT).
 
2. Makan terlalu sedikit kalori

Makan terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan penurunan besar dalam metabolisme. Meskipun defisit kalori diperlukan untuk menurunkan berat badan, itu bisa menjadi kontraproduktif jika asupan kalori Anda turun terlalu rendah. Ketika Anda secara dramatis menurunkan asupan kalori Anda, tubuh Anda merasakan bahwa makanan langka sehingga menurunkan tingkat pembakaran kalori.
 
3.  Asupan protein rendah

Makan cukup protein sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Selain membantu Anda merasa kenyang, asupan protein yang tinggi dapat secara signifikan meningkatkan kecepatan tubuh Anda membakar kalori.
 
Penelitian menunjukkan bahwa makan protein sementara meningkatkan metabolisme sekitar 20 hingga 30 persen dibandingkan dengan 5 hingga 10 persen untuk karbohidrat dan 3 persen atau kurang untuk lemak. Meskipun tingkat metabolisme pasti melambat selama penurunan berat badan dan terus menjadi lebih lambat selama pemeliharaan berat badan, bukti menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi dapat meminimalkan efek ini.
 
4. Minum minuman manis

Anda tentu tahu bahwa minuman yang ditambahi gula berbahaya bagi kesehatan Anda. Konsumsi gula berlebih dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk resistensi insulin, diabetes, dan obesitas. Selain itu, mengonsumsi minuman manis dapat memperlambat metabolisme Anda.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro