Wortel
Relationship

5 Makanan Penangkal Jerawat

Ni Luh Anggela
Senin, 20 September 2021 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda bahwa makanan memainkan peran penting dalam mengendalikan jerawat?
 
Pola makan yang tidak sehat dapat memicu munculnya jerawat pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan beberapa makanan mampu memicu produksi insulin dan minyak dalam tubuh Anda, sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat.
 
“Sebelum Anda menghabiskan banyak uang untuk make up, perawatan kulit atau bahkan menemui dokter kulit, ada baiknya untuk melakukan diet yang telah terbukti mengendalikan lebih dari 60 persen kasus jerawat ringan hingga sedang, tanpa memerlukan acne skincare khusus,” kata dr Davin Lim, seorang dermatology, melalui akun Instagramnya @drdavinlim, Senin (20/9/2021).
 
Langkah-langkah kecil yang Anda ambil, dapat membantu menjaga kulit Anda tetap bersih dan tampak sehat. Karena itu, buat keputusan yang cerdas tentang makanan dan minuman apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda.
 
dr Davin menyarankan lima makanan berikut, untuk melawan jerawat pada kulit Anda.
 
1. Ikan

Seng adalah mineral penting yang ditemukan dalam ikan, yang membantu mengontrol pelepasan hormon dan membantu tubuh Anda untuk menyerap vitamin A yang menyehatkan kulit.
 
2. Ganti susu dan keju

Hormon anabolik dan stimulasi insulin dari produk susu membuat beberapa peneliti mengatakan Anda harus menjauhi susu dan keju jika Anda ingin melawan jerawat. Cobalah susu almond atau susu  beras sebagai gantinya.
 
3. Konsumsi makanan yang mengandung selenium

Meskipun bukan antioksidan yang paling terkenal, selenium dapat ditemukan dalam bawang putih, gandum, telur, beras merah, tuna dan salmon, dan, jika dipasangkan dengan Vitamin E, dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melawan jerawat.
 
4. Air

Ada banyak aspek peningkatan kesehatan dari mendapatkan cukup air dan menjaga kulit Anda terhidrasi hanyalah salah satunya. Dengan banyak air, kulit Anda dapat beregenerasi lebih cepat dan dapat membuang masalah yang menyebabkan racun dari tubuh Anda.
 
5. Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning atau oranye

Beta-karoten adalah parameter kulit sehat lainnya yang dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning seperti wortel, ubi jalar dan aprikot.
 
Dia juga menyarankan untuk menemui dokter kulit hanya jika Anda memiliki jerawat kistik (Cystic Acne) atau acne scars.
 
“Pendekatan holistik untuk acne management dapat menghemat uang Anda serta menghindari Anda dari efek samping dari tablet seperti oratane atau accutane” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro