Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Efek yang Anda Rasakan Jika Minum Suplemen Anti Penuaan Setelah Usia 50 Tahun

Selain menawarkan beragam manfaat, mengonsumsi suplemen juga memiliki beberapa efek samping. Bagi sebagian orang, mengonsumsi suplemen, terutama saat perut kosong, dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut seperti mual atau nyeri.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 24 September 2021  |  12:25 WIB
Efek yang Anda Rasakan Jika Minum Suplemen Anti Penuaan Setelah Usia 50 Tahun
Ilustrasi suplemen

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak orang yang rela melakukan apa saja agar tampak lebih muda. Mulai dari menggunakan produk-produk wajah yang cukup mahal, hingga melakukan operasi plastik untuk menghilangkan kerutan di wajah. 
 
Suplemen anti penuaan juga menjadi salah satu cara yang paling diminati, terutama mereka yang berusia di atas 50 tahun. Ini karena suplemen tersebut ‘dapat’ memperlambat proses penuaan hingga membantu orang menjalani kehidupan dengan sedikit vitalitas.
 
Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi suplemen anti penuaan setelah usia 50 tahun, berikut beberapa hal yang mungkin Anda alami, melansir Eat This, Jumat (24/9/2021).
 
1. Anda mungkin memiliki persendian yang lebih sehat

Anda mungkin mengonsumsi suplemen kunyit, yang bermanfaat sebagai anti-penuaan secara umum. Namun suplemen kunyit juga dapat bermanfaat untuk Anda yang menderita osteoartritis. Ini mungkin dapat mengurangi rasa sakit di persendian Anda.
 
2. Anda mungkin memiliki kulit yang tampak lebih sehat

Ada banyak bahan yang ditemukan dalam suplemen anti-penuaan, seperti kolagen dan vitamin C,  yang dapat membantu memerangi efek buruk yang mungkin Anda lihat. Mengambil kolagen yang cukup telah dikaitkan dengan peningkatan elastisitas dan hidrasi kulit. Ditambah lagi, nutrisi lain seperti vitamin C, E, dan A juga memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Seiring dengan mengambil tindakan pencegahan yang tepat seperti memakai tabir surya dan tetap terhidrasi, meminum pil anti-penuaan tertentu sebenarnya dapat membantu orang tampak sedikit lebih muda.
 
3. Anda mungkin memiliki memori yang lebih baik

Kita mungkin mulai mengalami kelupaan ringan atau membutuhkan waktu yang lama untuk mengingat sesuatu, seiring bertambahnya usia. Banyak suplemen anti-penuaan mengandung bahan-bahan seperti Coenzyme Q10 (CoQ10), vitamin E, dan asam lemak omega 3, yang dapat membantu mendukung kesehatan otak secara alami. Seiring waktu, mengonsumsi bahan-bahan ini dapat membantu Anda memerangi perkembangan alami dalam mengalami momen-momen senior yang tak terhindarkan.
 
4. Anda mungkin mengalami lebih sedikit peradangan

Suplemen anti-penuaan seringkali dikemas dengan bahan anti-inflamasi seperti kurkumin (kunyit), EGCG, dan minyak ikan. Sebagian besar individu yang lebih tua mengalami peningkatan kadar penanda inflamasi darah, sehingga memerangi peradangan di usia 50-an tentu saja merupakan hal yang positif. Peradangan pada orang tua terkait dengan peningkatan kemungkinan banyak efek samping negatif, termasuk peningkatan risiko kematian dini.
 
5. Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan pada perut Anda

Selain menawarkan beragam manfaat, mengonsumsi suplemen juga memiliki beberapa efek samping. Bagi sebagian orang, mengonsumsi suplemen, terutama saat perut kosong, dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut seperti mual atau nyeri. Saat Anda mengonsumsi suplemen anti-penuaan, yang terbaik adalah memastikan bahwa rencana medis Anda saat ini baik-baik saja dengan memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan sebelum menambahkan apapun ke rejimen Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suplemen kesehatan penuaan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top