Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan Ini Jadi Penyebab Rambut Rontok

Mengonsumsi makanan berlemak bisa menyebabkan kehilangan kekuatan rambut dan rontok.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 28 September 2021  |  19:26 WIB
Makanan Ini Jadi Penyebab Rambut Rontok
Rambut rontok - klikdokter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jutaan orang setiap tahunnya berjuang dengan rambut rontok, yaitu situasi dimana kondisi rambut kian menipis dan menuju pada kebotakan.

Melansir pada eatthis.com, Selasa (28/9/2021) meskipun terdapat banyaknya opsi perawatan yang dapat dilakukan untuk mengembalikan rambut yang menipis, suatu penelitian terbaru menunjukkan bahwa mungkin ada cara lebih mudah untuk membantu mengurangi kerontokan rambut.

  1. Makanan yang mengandung banyak lemak dapat meningkatkan kerontokan rambut

Dalam jurnal, Hironobu Morinaga menjelaskan bahwa makanan dengan kandungan tinggi lemak dapat mempercepat penipisan rambut.

"Makanan dengan kandungan tinggi lemak dapat mempercepat penipisan rambut dengan menipiskan sel induk folikel rambut yang mengisi kembali sel-sel dewasa yang menumbuhkan rambut, terutama pada tikus tua," jelasnya.

  1. Efek dari makanan banyak kandungan lemak bisa dirasakan dalam beberapa hari

Tubuh tidak membutuhkan kemampuan untuk menyerap lemak bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Mengonsumsi lemak yang banyak berkaitan dengan peningkatan risiko kanker.

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko kerontokan rambut

Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology mengungkapkan kelompok pria berusia di atas 30 tahun memiliki obesitas yang lebih memungkinkan mengalami alopecia parah daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

  1. Konsumsi lebih sedikit lemak

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Scientific Reports telah ditemukan bahwa tikus yang diberi makanan berlemak ala Barat, lalu mengonsumsi obat yang menghambat produksi glikosfingolipid (GSL), yaitu sejenis lipid mampu membantu mengatasi kerontokan rambut dan  hilangnya pigmentasi rambut.

Selain itu, makanan cepat saji dan instan juga menjadi penyebab kerontokan rambut, pemutihan rambut, dan peradangan kulit pada tikus.  

Fenomena serupa juga terjadi pada pria yang kehilangan rambut dan mengalami pemutihan rambut ketika mereka makan makanan berlemak dan berkolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rambut lemak rambut rontok
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top