Ilustrasi/meioambienterio.com
Health

Kenali Tanda-tanda Alzheimer Dini di Usia 40 Tahunan

Ni Luh Anggela
Rabu, 29 September 2021 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tahukah Anda penyakit Alzheimer dapat menyerang mereka yang berusia di bawah 65 tahun?

Alzheimer adalah gangguan otak progresif yang menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan perubahan perilaku.  Alzheimer dini, dapat dikaitkan dengan faktor risiko seperti seperti merokok, minum terlalu banyak alkohol, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, dan pola makan yang tidak sehat.
 
Badan amal demensia Alzheimer's Research UK, melansir Express, Rabu (29/9/2021), mengatakan Alzheimer dini dapat muncul dengan cara kecil begitu seseorang mendekati usia paruh baya. Ini mungkin termasuk melupakan pesan atau peristiwa baru-baru ini yang biasanya diingat, atau mengulangi pertanyaan.
 
Indikasi lain dari kondisi otak adalah lebih banyak kebingungan. Mereka mungkin juga mengalami suasana hati yang rendah, mudah tersinggung, dan kurang percaya diri.
 
Penyakit ini juga dapat menyebabkan penderitanya kehilangan minat pada aktivitas yang pernah mereka nikmati. Gejala-gejala ini mungkin merupakan indikasi depresi, itulah sebabnya mengetahui tanda-tanda peringatan lain dari kondisi otak sangat berguna. Misalnya, kondisi otak dapat menyebabkan seseorang sulit menemukan kata-kata yang tepat untuk berkomunikasi; ini dikenal sebagai afasia.
 
Afasia adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan dengan bahasa atau bicaranya. Orang dengan afasia sering mengalami masalah dengan empat cara utama orang memahami dan menggunakan bahasa seperti, membaca, mendengarkan, berbicara, mengetik atau menulis.
 
Afasia mungkin muncul sebagai orang yang “menggunakan suara yang salah dalam sebuah kata”. Atau orang tersebut dapat memilih kata yang salah, atau menyusun kata-kata secara tidak benar.
 
Sementara afasia dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi, itu tidak mempengaruhi kecerdasan mereka. Tanda lain yang mungkin dari penyakit Alzheimer adalah ketika orang tersebut merasa sulit untuk mengenali objek, atau untuk menilai kecepatan atau jarak.
 
Bukti menunjukkan bahwa Alzheimer dini mungkin berkembang lebih cepat daripada pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, pengalaman dan respons setiap orang terhadap penyakit ini berbeda.
 
Jika Anda mencurigai adanya tanda-tanda Alzheimer dini, NHS merekomendasikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter Anda. Di sana, Anda dapat mendiskusikan kekhawatiran Anda, dan tes memori dapat dilakukan. Mendapatkan diagnosis  dini dapat membantu Anda memperlambat perkembangan penyakit tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro