Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Obat Sakit Gigi yang Mujarab

Orang yang sedang mengalami sakit gigi secara tiba-tiba, bisa menemukan obat sakit gigi saat sedang di rumah.
Annasa Rizki
Annasa Rizki - Bisnis.com 05 Oktober 2021  |  12:20 WIB
Sakit gigi - istimewa
Sakit gigi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Mengobati sakit gigi harus dari akar permasalahannya. Setelah mengetahui penyebab sakit gigi, barulah kita dapat mengobati rasa sakit, bengkak, dan gejala lainnya secara tepat.  

Jika gejala yang dirasakan tidak hilang lebih dari dua hari, lebih baik menemui dokter gigi. Sebelum menggunakan obat obatan, bagi penderita yang sedang hamil, menyusui, dan orang dengan alergi obat harus berkonsultasi terlebih dahulu.  

Berikut ini 11 cara untuk meredakan sakit gigi yang Anda bisa lakukan di rumah:

1. Kumur Air Garam  

Pertolongan pertama saat sakit gigi menyerang yaitu berkumur dengan air garam. Air garam merupakan disinfektan natural yang akan membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi.  

Mengobati sakit gigi dengan cara ini juga akan mengurangi inflamasi dan menyembuhkan jika ada luka di mulut.  

Campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, kemudian gunakan sebagai obat kumur. 

2. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida  

Selain dengan garam, berkumur dengan hidrogen peroksida dapat membantu mengurangi nyeri dan inflamasi. Senyawa kimia dengan rumus H ?O ? ini bersifat antiseptik sehinga dapat membunuh bakteri, mengurangi plak, dan meredakan pendarahan pada gusi.  

Penggunaan H ?O ? harus dengan hati hati. Larutkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air secukupnya, gunakan sebagai obat kumur dan jangan ditelan.  

3. Kompres  

Kompres air dingin dapat mengurangi nyeri. Air dingin akan menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga rasa sakit akan berkurang. Suasana dingin juga akan mengurangi pembengkakan dan peradangan.  

Kompres gigi dengan es yang dibalut handuk pada area yang sakit selama 20 menit. Ulangi setiap jam jika masih merasa sakit.  

4. Kantung Teh Peppermint 

Setelah menyeduh teh, jangan langsung membuang kantung teh terutama yang memiliki rasa peppermint. Kantung teh yang masih hangat dapat ditempelkan pada gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai kompres dingin dengan memasukkan kantung teh ke freezer selama beberapa jam, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.  

5. Bawang Putih  

Ribuan tahun sudah bawang putih terbukti sebagai obat. Jenis bawang ini mengandung antibakteri yang tidak hanya membunuh kuman penyebab plak, tapi juga sebagai pereda nyeri.  

Mengunyah bawang putih dapat membantu meredakan sakit gigi. Bila Anda tidak mau mengunyah, hancurkan satu siung bawang putih hingga halus dan tempelkan langsung pada area yang sakit.  

6. Ekstrak Vanilla  

Ekstrak vanilla asli mengandung antioksidan yang dapat menyembuhkan sakit gigi secara efektif. Untuk menggunakan metode ini, tuangkan ekstrak pada kapas, kemudian oleskan langsung pada area yang sakit beberapa kali sehari.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi obat Sakit Gigi
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top