Petani memperlihatkan cengkeh yang siap dijual di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (31/7). /Antara
Health

11 Obat Sakit Gigi yang Mujarab

Annasa Rizki
Selasa, 5 Oktober 2021 - 12:20
Bagikan

Cengkeh, Daun Jambu Biji, dan Toothache Plant

7. Cengkeh  

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah. Minyak cengkeh dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan karena mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami. 

Untuk menggunakan metode ini, encerkan minyak cengkeh dengan minyak bunga matahari atau jojoba. Menurut National Association of Holistic Aromatherapy, gunakan rasio sekitar 15 tetes minyak cengkeh dengan satu ons minyak matahari. Oleskan beberapa kali sehari.  

Selain itu, membuat obat kumur juga dapat dilakukan dengan menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air.  

8. Daun Jambu Biji  

Daun jambu biji mengandung anti inflamasi yang akan menyembuhkan luka. Daun ini juga memiliki antibakteri untuk kesehatan mulut.  

Kunyah langsung daun atau gunakan sebagai obat kumur dengan membuat rebusan air daun jambu biji. 

9. Wheatgrass  

Wheatgrass bersifat anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ekstrak rumput ini mengandung banyak nutrisi, termasuk kandungan klorofil yang tinggi, yang membantu melawan bakteri. 

Anda bisa meminum wheatgrass atau menggunakannya sebagai obat kumur. 

10. Timi  

Thyme atau timi merupakan bahan penyedap yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan kuat yang dapat membantu mengobati sakit gigi. Bahkan, timi dapat membantu melawan bakteri yang berkontribusi terhadap kerusakan gigi. 

Untuk menggunakan ini, encerkan setetes minyak ke segelas kecil air dan gunakan sebagai obat kumur. 

11. Toothache Plant  

Toothache plant atau tanaman sakit gigi disebut juga Legetan. Senyawa aktifnya seperti spilanthol memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa ini juga memberikan sensasi mati rasa saat dikunyah. 

Meskipun tanaman ini umumnya dianggap aman, Anda tidak boleh menggunakannya jika alergi terhadap tanaman dalam keluarga daisy atau Asteraceae, konsumsi alkohol, menggunakan diuretik, menderita kanker prostat, dan hamil.  

Jika sakit gigi Anda parah dan lebih serius, segera temui dokter gigi agar dapat mengobatinya dengan benar. Banyak sakit gigi akan membutuhkan perhatian medis. Pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen dapat membantu sampai Anda menemui dokter gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annasa Rizki
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro