Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Gejala Rematik yang Jarang Diketahui

Ada beberapa penyebab penyakit rematik seperti gangguan pencernaan, serta sakit dan gangguan depresi.
1

Peningkatan Lemak, Iritasi Mata, Masalah Tidur dan Pencernaan

Sakit mata menjadi gejala rematik yang tidak biasa - boldsky.com
Sakit mata menjadi gejala rematik yang tidak biasa - boldsky.com
  1. Peningkatan lemak tubuh

Penurunan massa otot umum terjadi pada orang dengan banyak jenis artritis kronis, dan tidak terkecuali rheumatoid arthritis. Berkurangnya aktivitas karena peradangan dan nyeri sendi dapat menyebabkan hilangnya massa otot, serta peningkatan lemak tubuh, menurut sebuah studi pada 2018.

Ketika pergeseran ini terjadi, peningkatan lemak tubuh dan massa otot yang lebih rendah dapat menambah risiko kardiovaskular yang sudah signifikan yang dimiliki orang dengan RA dari peradangan yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

  1. Iritasi mata

Peradangan di seluruh tubuh yang menyebabkan rematik tidak hanya terbatas pada persendian, dan bahkan mata Anda dapat mengalami gejala dari kondisi ini. Kekeringan, kemerahan, dan pembengkakan dapat berkembang, dan bahkan bisul.

Meskipun gejala-gejala ini terkadang dapat diobati dengan obat-obatan atau obat tetes mata, masalah seperti kemerahan mungkin tidak hilang sepenuhnya.

  1. Masalah tidur

Banyak kondisi kronis menyebabkan gangguan tidur. Pada rematik, ini tampaknya terkait dengan tingkat keparahan penyakit dan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Satu studi tahun 2014 menunjukkan bahwa nyeri rematik dapat menyebabkan sulit tidur, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kantuk di siang hari dan masalah tidur lainnya. 

  1. Gangguan kognitif, mood, dan emosional

Penyakit kronis dan rasa sakit telah lama dikaitkan dengan depresi. Perubahan gaya hidup, hilangnya kemampuan atau fungsi, dan rasa sakit semuanya dapat berkontribusi pada depresi.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2019 menunjukkan rematik menyebabkan gangguan pada bahan kimia dan neurotransmiter di otak. Semua ini bersama-sama dapat menyebabkan gangguan emosional dan suasana hati, serta kesulitan berkonsentrasi dan masalah kognitif lainnya.

  1. Masalah pencernaan

Orang dengan rematik sekitar 70 persen lebih mungkin mengembangkan masalah pencernaan daripada orang tanpa kondisi tersebut, menurut Arthritis Foundation.

Masalah-masalah tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, antara lain, obat yang Anda pakai untuk mengobati rematik, kondisi lain yang Anda miliki di samping rematik, infeksi dan komplikasi autoimun dari rematik.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata Rematik
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top