Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tanda Awal Rheumatoid Arthritis, Segera Periksakan ke Dokter

Ketika Anda mengalami nyeri sendi, bisa jadi itu adalah gejala dari rheumatoid arthriti yang harus diwaspadai
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  15:45 WIB
rheumatoid arthritis
rheumatoid arthritis

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit sendi bisa beragam bentuknya, salah satunya adalah rhematoid athritis. 

Rheumatoid arthritis mungkin terlihat seperti semacam nyeri sendi. Hanya ketika Anda menggali lebih dalam, Anda akan tahu bahwa itu adalah penyakit kronis yang dapat mempengaruhi lebih dari sekedar sendi Anda.

Rheumatoid arthritis adalah kondisi autoimun yang disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang jaringan tubuh yang sehat. Ini menyebabkan peradangan dan nyeri pada persendian.

Gejala rheumatoid arthritis biasanya memengaruhi tangan, pergelangan tangan, dan kaki, tetapi pada kasus yang parah, bahkan dapat merusak organ kulit, mata, paru-paru, jantung dan pembuluh darah. Meskipun kondisinya tidak dapat dibalik, diagnosis dini dapat membantu meminimalkan risiko komplikasi di masa depan.

Rheumatoid arthritis dimulai secara perlahan, dan gejala biasanya datang dan pergi dari waktu ke waktu. Jika Anda dapat mengidentifikasi gejala pada tahap awal, Anda dapat dengan mudah mengelolanya.

Berikut adalah enam tanda awal rheumatoid arthritis yang perlu Anda waspadai:

1. Kelelahan yang berlebihan

Kelelahan adalah gejala umum dari kondisi ini. Bahkan sebelum tanda-tanda yang jelas dari kondisi seperti nyeri sendi dan peradangan muncul, seseorang dengan rheumatoid arthritis mungkin merasa sangat lelah dan depresi. Mereka mungkin kurang motivasi untuk melakukan tugas-tugas rutin dan memiliki dorongan seks yang rendah. Itu karena tubuh mulai menggunakan semua energi untuk melawan peradangan.

2. Penurunan berat badan

Nyeri sendi dan penurunan berat badan tampaknya tidak berhubungan, itulah sebabnya gejala ini sering tidak disadari. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bersama dengan kelelahan berkepanjangan dianggap sebagai gejala awal rheumatoid arthritis. Ini adalah efek tidak langsung dari peradangan yang disebabkan karena serangan pada jaringan. Ketika Anda merasa lelah dan demam, Anda kehilangan nafsu makan dan akhirnya menurunkan berat badan.

3. Kekakuan sendi

Setelah satu atau dua minggu, Anda mungkin merasakan kekakuan pada persendian Anda, terutama di pagi hari. Episode kekakuan sendi juga akan muncul sepanjang hari setelah periode tidak aktif. Anda mungkin merasakan sesak di pergelangan tangan, lutut, dan kaki, yang bisa dirasakan di kedua sisi tubuh. Pada awalnya, kekakuan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Ini akan mulai bertahan lebih lama dengan waktu.

4. Mati rasa dan kesemutan

Peradangan jaringan juga dapat memberi tekanan berlebihan pada saraf Anda. Seiring waktu dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan dan nyeri di tangan dan kaki Anda. Ketika Anda menekan persendian Anda, mereka mungkin terasa lunak dan Anda akan merasa sulit untuk melakukan pekerjaan dasar seperti berjalan dan memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain.

5. Penurunan kemampuan gerak

Kekakuan dan kelembutan sendi juga dapat membuat orang tersebut sulit untuk bergerak bebas. Pada fase awal rheumatoid arthritis, seseorang mungkin mengalami kesulitan dalam menggerakkan pergelangan tangan ke depan dan ke belakang dan melakukan latihan. Seiring waktu penyakit akan berkembang dan mulai merusak ligamen dan tendon mereka, sehingga sulit untuk ditekuk dan diluruskan.

6. Kemerahan sendi

Rheumatoid arthritis juga bisa membuat persendian tampak merah. Sebenarnya peradangan jaringan yang memberi mereka penampilan merah. Selain itu, perubahan warna kulit di sekitar persendian di tangan dan kaki juga sering terjadi


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tulang nyeri punggung
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top