Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembali Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Kondisi Dorce Gamalama

Dorce Gamalama kini kembali dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) lantaran kondisinya semakin menurun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  16:05 WIB
Dorce Gamalama
Dorce Gamalama

Bisnis.com, SOLO - Hetty Soendjaya, kerabat dekat Dorce Gamalama, mengatakan bahwa Dorce kembali masuk rumah sakit pada Minggu (24/10/2021) karena kondisi kesehatannya terus menurun.

"Mba Dorce masuk kembali ke rumah sakit itu kemarin tanggal 24, dikarenakan kondisinya drop," ujar Hetty, dikutip pada Selasa (26/10/2021).

Tim dokter yang merawat artis kelahiran 1963 itu mengatakan bahwa Dorce sudah lama menderita penyakit diabetes. Penyakit tersebut pun telah menyebar ke organ vital lain, seperti jantung, ginjal, dan syaraf.

"Tadi kami juga dari rumah sakit, kata tim dokter yang menangani, bunda Dorce diprediksi awalnya mengidap diabetes yang sudah cukup lama, minimal 8 tahun lah, bisa lebih kata dia," kata Hetty.

Lebih lanjut, Hetty juga mengatakan bahwa Dorce didiagnosis mengidap penyakit demensia alzheimer.

"[Selain ginjal dan jantung] kena sarafnya [juga], nama penyakitnya demensia alzheimer," ujar Hetty.

Sebelumnya, pada Kamis (7/10/2021) lalu Dorce sempat dilarikan ke Rumah Sakit Primaya Bekasi karena kondisi kesehatannya menurun hingga tak sadarkan diri. Dokter yang merawatnya mendiagnosis Dorce mengalami hipoglikemia.

Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, Fakhrunnisa, mengatakan hipoglikemia adalah istilah medis yang mengacu pada kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

"[Padahal] glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh," kata Fakhrunnisa.

Sementara itu, organ yang paling memerlukan glukosa adalah otak. Saat otak tidak mendapatkan cukup glukosa, maka neuron tidak memiliki bahan bakar yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan seluruh tubuh.

Akibatnya, seseorang menjadi tidak bisa berpikir dan mengingat sesuatu dengan baik, bahkan berisiko kejang, pingsan, hingga mengalami kerusakan otak.

Adapun penyebab dari rendahnya tingkat gula darah ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti aktivitas fisik yang berlebihan, kurangnya asupan karbohidrat, menjalankan puasa berlebih atau makan terlambat, serta penggunaan insulin dan penggunaan obat lain yang tidak sesuai dengan dosis oleh penderita diabetes.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

artis dorce gamalama

Sumber : Antara

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top