Jam tangan antik Asprey diperlihatkan kepada media Kamis (7/11/2018) sebelum dilelang di rumah lelang Sotheby, Swiss./Reuters-Denis Balibouse
Fashion

Bingung Saat Membeli Jam Tangan? Pertimbangkan 3 Hal Ini

Dewi Andriani
Sabtu, 30 Oktober 2021 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Memilih jam tangan memang gampang-gampang susah. Banyak hal yang dipertimbangkan sebab jika jam tangan yang dipakai tepat maka usia pemakaiannya bisa lama, dari bertahun-tahun bahkan sampai generasi berikutnya.

CEO Radatime Hendra Kesuma mengatakan saat membeli jam tangan kebanyakan refensinya pada merek-merek jam tangan mahal seperti Rolex dan yang lainnya. Secara tidak langsung, identitas jam tangan cenderung ke sisi kemewahan.

Ketika seseorang hanya fokus pada sisi kemewahan, kondisi ini justru berpotensi mempengaruhi pencari jam tangan tergoda membeli jam non ori ataupun merek yang belum diketahui kualitasnya guna mendapatkan penampilan yang menyerupai jam mahal tadi.

Padahal jam tangan yang bagus dan orisinil tidak selamanya harus mahal. Lantas, apa saja yang harus dipertimbangkan seseorang saat akan membeli jam tangan?

  1. Kualitas Bahan Material

Hendra mengatakan jika jam tangan adalah aksesoris ultimat yang digunakan untuk jangka panjang, maka pertimbangan atas kualitas seharusnya berada di urutan pertama.

Bahan material seyogyanya terbuat dari bahan yang aman untuk kulit. Berbahaya jika jam tangan menggunakan logam yang sifatnya beracun seperti timbal, kadmium, nikel, merkuri yang termasuk karsinogen atau pemicu kanker. Sebab dari data EU REACH (Restriction, Evaluation and Authorisation of Chemicals) Regulation, zat-zat berbahaya tersebut bisa masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori di kulit pergelangan tangan.

  1. Mesin yang Tahan Lama

Selain itu, jam tangan yang menggunakan mesin berkualitas akan tahan digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Untuk saat ini, mesin jam tangan berkualitas didominasi oleh mesin asal Jepang atau Swiss, seperti merek Miyota, Seiko Epson, ETA, Ronda dan lain sebagainya.

Selain kekuatan mesin, ketersediaan suku cadang adalah pertimbangan yang cermat agar jam tangan bisa diperbaiki.

"Tips bagi orang awam untuk memilih jam tangan berkualitas baik adalah dengan memilih jam original dengan merek yang memiliki reputasi baik atau asal usul yang jelas. Karena untuk menjaga kebaikan mereknya, penggunaan bahan berkualitas sudah menjadi standar wajib," terangnya.

  1. Sesuaikan Peruntukan 

Menyesuaikan tujuan pemakaian jam tangan memudahkan pemilihan jam tangan. Apakah untuk tujuan fungsi, status, fesyen, gaya hidup, atau koleksi?

Ada yang memerlukan jam tangan untuk fungsi informasi waktu atau pelengkapnya seperti tanggal, hari, tahun, stopwatch dan yang lainnya. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan aktivitas. Oleh sebab itu, pilihlah jam tangan yang minimal memiliki tanggal, jarum detik, dan detail penanda jam yang jelas.

Ada juga yang membutuhkan jam tangan sebagai penyempurna fesyen. Detail informasi waktu pada jam tangan tidak lagi begitu penting, contohnya jam tangan dengan 2 jarum atau informasi penanda jam yang tidak begitu jelas.

Tipe pembeli ini biasanya mengutamakan desain atau warna untuk menyesuaikan keperluan fesyen. Apakah menjadi pelengkap aksesoris lain, busana ataukah sebagai aksesoris utama.

"Tips agar jam tangan bisa digunakan untuk jangka panjang yaitu memilih desain atau warna yang bisa digunakan di berbagai situasi fesyen," tuturnya.

Jam tangan juga memenuhi kebutuhan status sosial, gunanya adalah menyempurnakan kepercayaan diri. Kebutuhan ini identik dengan model yang glamor, berwibawa, berwarna strong, mengandung unsur warna emas, permata ataupun identik dengan desain ikonik merek mahal.

Pemilihan jam tangan casual, yaitu tidak terlalu formal ataupun terlalu fesyen. Tipe yang santai dan terlihat intelektual. Karena jam tangan yang melekat merepresentasikan kesan manajemen waktu.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro