Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Mineral

Kekurangan mineral dapat menyebabkan beberapa gejala umum seperti berikut ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  13:58 WIB
Zat besi
Zat besi

Bisnis.com, JAKARTA - Baik nutrisi dan mineral sangat penting untuk fungsi tubuh yang sehat.

Ketika seseorang menderita kekurangan mineral, mereka cenderung mengalami ketidaknyamanan tertentu dan bahkan mungkin merasa sulit untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari.

Penting untuk dicatat bahwa tubuh kita bergantung pada banyak jenis mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, seng dan mangan dan masing-masing mineral ini memainkan peran tertentu.

Namun, kekurangan mineral dapat menyebabkan beberapa gejala umum seperti berikut ini dilansir dari Times of India :

Kelelahan dan kelemahan ekstrim

Setiap jenis kekurangan mineral pasti akan membuat Anda merasa lelah, lemah, dan sangat lesu. Apakah Anda menderita kekurangan zat besi atau Anda kekurangan magnesium yang cukup dalam tubuh, Anda mungkin akan merasa sangat lelah dan mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan sehari-hari Anda.

Terutama dalam hal zat besi, ia memegang kunci untuk banyak fungsi tubuh. Selain digunakan untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, juga membantu memproduksi mioglobin, protein yang menyediakan oksigen ke otot. Oleh karena itu, kadar zat besi yang rendah menyebabkan kadar hemoglobin yang rendah, yang berarti lebih sedikit oksigen yang mencapai jaringan dan otot Anda, sehingga membuat mereka kehilangan energi.

Kram otot dan nyeri sendi

Kalsium memainkan peran penting dalam menjaga tulang dan gigi Anda sehat dan kuat. Selain itu, ini membantu mengelola pembuluh darah, saraf, hormon, dan lainnya. Oleh karena itu kadar kalsium yang rendah dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk kelemahan otot, kram dan nyeri sendi. Jika tidak diobati, itu juga dapat menyebabkan penurunan kepadatan mineral tulang yang disebut osteopenia, yang bisa menjadi kronis.

Detak jantung tidak teratur

Mineral seperti magnesium, zat besi dan kalsium menjaga banyak fungsi tubuh. Kekurangan salah satu mineral ini dapat memicu detak jantung yang tidak normal. Pada saat tubuh mengalami kekurangan zat besi dan dengan kadar hemoglobin yang rendah, jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh. Ini dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur atau menyebabkan peningkatan detak jantung.

Demikian pula, kekurangan magnesium juga dapat menyebabkan aritmia jantung, atau detak jantung tidak teratur. Sementara detak jantung yang meningkat atau tidak normal dapat menjadi gejala dari banyak kondisi lain, yang terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter.

Mati rasa dan kesemutan

Sensasi mati rasa dan kesemutan di tubuh dapat mengindikasikan kekurangan mineral. Menurut National Institutes of Health (NIH), kesemutan bisa menjadi tanda kemungkinan kekurangan magnesium. Selain itu, kekurangan kalsium dalam tubuh juga bisa menyebabkan efek mati rasa dan kesemutan pada jari.

Kembung, mual, kehilangan nafsu makan dan muntah

Kekurangan mineral juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda. Sementara kekurangan kalium dapat menyebabkan kembung dan sakit perut, kekurangan seng dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan muntah. Selain itu, jumlah mineral yang rendah dalam tubuh juga dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit menular.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mineral vitamin
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top