Ilustrasi perayaan Halloween 31 Oktober/Freepik.com
Entertainment

Apa Itu Halloween? Simak Makna, Sejarah, hingga Film Komersial

Indra Gunawan
Minggu, 31 Oktober 2021 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap 31 Oktober, penduduk di berbagai negara merayakan Halloween. Mereka memasang dekorasi dan mengenakan kostum yang menyeramkan. Apa sebenarnya Halloween? Simak tanggal, sejarah, makna, hingga film komersial tentang Halloween.

Festival Halloween dirayakan secara luas di Amerika dan sebagian Eropa ini berasal dari tradisi Celtic kuno. Selama beberapa dekade, festival bertema horor ini menjadi terkenal tidak hanya sebagai hari libur penting di Barat tetapi juga menjadi tempat khusus bagi dirinya sendiri dalam budaya pop di seluruh dunia.

Biasanya, tradisi Halloween dilakukan dengan dandanan dan kostum horror kemudian mengunjungi teman dengan hadiah, pemutaran film horor, dan permainan bertema Halloween telah menjadi populer di beberapa negara.

Simak fakta-fakta tentang perayaan Halloweeen, mulai dari tanggal, makna, hingga sejarah seperti dilansir dari NDTV, Minggu (31/10/2021).

1. Tanggal 31 Oktober

Setiap tahun, Halloween dirayakan pada 31 Oktober. Tahun ini, festival tersebut jatuh pada hari Minggu. Halloween sangat erat kaitannya dengan Hari Semua Orang Kudus.

Paus Gregorius III, pada abad kedelapan, menetapkan 1 November sebagai Hari Semua Orang Kudus. Malam All Saints Day dikenal sebagai 'All Hallows Eve', yang kemudian disebut Halloween.

2. Sejarah Halloween

Selain terkait erat dengan All Saints Day, Halloween juga diyakini berasal dari festival Celtic berusia 2000 tahun. Komunitas Celtic merayakan Tahun Baru mereka pada tanggal 1 November, dengan Halloween dirayakan pada tanggal 31 Oktober sebagai Malam Tahun Baru.

Di Irlandia, Halloween disebut Samhain yang secara harfiah berarti akhir musim panas. Tidak hanya di Irlandia, tetapi juga di bagian lain Eropa, terutama di garis lintang utara, Halloween menandai akhir musim panas.

Praktek menyalakan api unggun untuk mengusir roh jahat selama Halloween dalam tradisi Celtic terkait dengan awal musim dingin yang lembab dan gelap, yang biasanya membawa sejumlah penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro