Ilustrasi diet/ukrevival.net
Health

Para Ilmuwan Kembangkan Panduan Diet Baru ‘Food Compass’, Apa Itu?

Ni Luh Anggela
Senin, 1 November 2021 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ilmuwan telah mengembangkan panduan diet baru, yang dijuluki ‘Food Compass’ untuk membantu orang membuat pilihan makan yang lebih sehat.
 
Food Compass adalah sistem profil nutrisi utama pertama yang menggunakan penilaian konsisten di berbagai kelompok makanan, yang sangat penting untuk hidangan campuran. Misalnya, dalam kasus pizza, banyak sistem lain memiliki algoritma penilaian terpisah untuk gandum, daging, dan keju, tetapi bukan produk jadi itu sendiri.
 
“Dengan algoritma penilaian yang tersedia untuk umum, Food Compass dapat memberikan pendekatan bernuansa untuk mempromosikan pilihan makanan sehat, membantu memandu perilaku konsumen, kebijakan nutrisi, penelitian ilmiah, praktik industri makanan, dan keputusan investasi berbasis sosial,” kata rekan penulis studi Dr. Renata Micha, di Universitas Thessaly, Yunani, melansir Study Finds, Senin (1/11/2021).
 
Proyek yang diterbitkan dalam jurnal Nature Food,  berfokus pada 54 karakteristik nutrisi berbeda yang terkait dengan penyakit kronis utama. Faktor-faktor ini dapat meningkatkan atau mengurangi risiko obesitas, diabetes, masalah kardiovaskular, kanker, dan malnutrisi.
 
Panduan ini dapat membantu produsen dan katering mengurangi kadar lemak, gula, dan garam dalam makanan olahan populer. Ini adalah yang pertama dari jenisnya yang objektif dan mempertimbangkan faktor sehat dan berbahaya secara setara.
 
Panduan lain berkonsentrasi hanya pada yang terakhir dan sebagian besar hanya pada beberapa nutrisi. Food Compass menganalisis semuanya. Ini juga mempertimbangkan bahan, fitur pemrosesan, bahan kimia tanaman, dan aditif.
 
Food Compass menggunakan satu skor yang konsisten untuk semua makanan, minuman, dan bahkan hidangan dan makanan campuran, alih-alih mengelompokkannya dan menilainya secara berbeda secara subjektif. Ini dikembangkan dan diuji menggunakan database nasional rinci dari 8.032 makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh orang Amerika.
 
Sembilan domain mewakili aspek kesehatan yang berbeda dari makanan, minuman, dan makanan campuran.
 
Food Compass dirancang agar atribut dan penilaian tambahan dapat berkembang berdasarkan bukti di masa mendatang. Ini mungkin berhubungan dengan gastrointestinal, otak, dan kesehatan tulang, fungsi kekebalan tubuh, kinerja fisik dan mental, dan keberlanjutan.
 
Penggunaan potensial termasuk memberikan insentif pembelian makanan bagi karyawan melalui program kesehatan, perawatan kesehatan, dan bantuan nutrisi di tempat kerja. Juga bisa menjadi bekal ilmu untuk kebijakan lokal dan nasional seperti pelabelan kemasan, perpajakan, label peringatan, dan pembatasan pemasaran kepada anak-anak.
 
Setiap makanan, minuman, atau hidangan campuran menerima skor Food Compass akhir mulai dari 1 (paling tidak sehat) hingga 100 (paling sehat). Para peneliti menyatakan skor 70 sebagai peringkat yang wajar untuk makanan atau minuman yang harus didorong. Makanan dan minuman dengan skor 31 hingga 69 harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Apa pun skor 30 atau lebih rendah harus dikonsumsi minimal.
 
Di seluruh kategori makanan utama, skor Food Compass rata-rata hanya 43,2.
 
Kategori dengan skor terendah adalah makanan ringan dan makanan penutup manis (skor rata-rata 16,4). Kategori skor tertinggi adalah sayuran (69,1), buah-buahan (73,9), dan kacang-kacangan, serta biji-bijian (78,6). Di antara minuman, skor rata-rata berkisar antara 27,6 untuk minuman bersoda hingga 67 untuk jus buah atau sayuran 100 persen. Sayuran bertepung dan unggas mendapat skor 43, daging sapi 25 dan makanan laut, 67.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro