Ilustrasi kanker prostat/Mayo Clinic
Health

Penyebab, Gejala, dan Risiko Kanker Prostat yang Dialami SBY

Ithamar Yaomi DC
Selasa, 2 November 2021 - 14:56
Bagikan

Penyebab, Faktor Risiko, Komplikasi Kanker Prostat

3. Penyebab Kanker Prostat

Peneliti mengetahui secara jelas apa yang menyebabkan kanker prostat. Dokter tahu bahwa kanker prostat dimulai ketika sel-sel di arena prostat mengembangkan perubahan dalam DNA. Lebih lanjut, DNA sel berisi instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Perubahan tersebut memberi tahu sel untuk tumbuh dan membelah lebih cepat daripada sel normal. Sel-sel abnormal terus hidup, ketika sel-sel lain akan mati.

Akumulasi sel-sel abnormal membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya. Pada waktunya, beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke bagian tubuh lainnya.

4. Faktor Risiko Kanker Prostat

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker prostat meliputi:

  • Usia yang sudah lanjut

    Risiko Anda terkena kanker prostat meningkat seiring bertambahnya usia, paling umum setelah usia 50 tahun.
  • Ras

    Untuk alasan yang belum ditentukan, orang kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada orang dari ras lain. Pada orang kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif atau lanjut.
  • Sejarah keluarga

    Jika keluarga sedarah, seperti orang tua, saudara kandung atau anak, telah didiagnosis menderita kanker prostat, risiko Anda mungkin meningkat. Selain itu, jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan gen yang meningkatkan risiko kanker payudara (BRCA1 atau BRCA2) atau riwayat keluarga kanker payudara yang sangat kuat, risiko kanker prostat Anda mungkin lebih tinggi.
  • Obesitas

    Orang yang mengalami obesitas mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat dibandingkan dengan orang yang dianggap memiliki berat badan yang sehat, meskipun penelitian memiliki hasil yang beragam. Pada orang gemuk, kanker lebih cenderung menjadi lebih agresif dan lebih mungkin untuk kembali setelah pengobatan awal.

5. Komplikasi Kanker Prostat

Komplikasi kanker prostat dan pengobatannya meliputi:

  • Kanker yang menyebar (metastasis)

    Kanker prostat dapat menyebar ke organ terdekat, seperti kandung kemih, atau menyebar melalui aliran darah atau sistem limfatik ke tulang atau organ lain. Kanker prostat yang menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri dan patah tulang. Setelah kanker prostat menyebar ke area lain dari tubuh, mungkin masih merespon pengobatan dan dapat dikendalikan, tetapi tidak mungkin disembuhkan.
  • Inkontinensia

    Baik kanker prostat dan pengobatannya dapat menyebabkan inkontinensia urin. Perawatan untuk inkontinensia tergantung pada jenis yang Anda miliki, seberapa parah dan kemungkinan akan membaik seiring waktu. Pilihan pengobatan mungkin termasuk obat-obatan, kateter dan operasi.
  • Disfungsi ereksi

    Disfungsi ereksi dapat disebabkan oleh kanker prostat atau pengobatannya, termasuk pembedahan, radiasi atau pengobatan hormon. Obat-obatan, alat vakum yang membantu mencapai ereksi dan pembedahan tersedia untuk mengobati disfungsi ereksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

3 dari 3 halaman
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro