Ilustrasi kuku rapuh
Health

Mendeteksi Kanker dari Warna Kuku Anda, Cek Sekarang

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 November 2021 - 10:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kuku adalah bagian integral dari tubuh kita. Ini membantu melindungi jari tangan dan kaki kita dan memungkinkan kita melakukan aktivitas yang tidak mungkin dilakukan tanpanya, seperti menggaruk atau memungut sesuatu. Mengingat bahwa ia menerima darah dan nutrisi dari tubuh, itu bisa menandakan kekurangan atau penyakit tersembunyi yang mungkin Anda derita.

Perubahan warna kuku mungkin tidak tampak mengkhawatirkan dalam banyak kasus.

Namun, terkadang itu bisa menjadi pertanda penyakit kronis, terutama kanker. Karena itu, mari kita lihat apa yang dapat diungkapkan kuku Anda tentang kesehatan Anda.

Kuku Anda bisa mengatakan banyak tentang kesehatan Anda

Perubahan kuku bisa terjadi pada siapa saja, tergantung dari jenis penyakit, kekurangan yang dialami seseorang.

Sementara kuku yang menguning atau menebal dapat menunjukkan infeksi jamur, kuku yang rapuh mungkin merupakan penanda penyakit tiroid atau anemia. Jika Anda melihat pitting yaitu retakan kecil di kuku Anda, itu mungkin mengindikasikan psoriasis atau alopecia areata. Selain itu, garis putih di bawah kuku dapat berarti Anda menderita penyakit ginjal atau hati.

Cara terbaik adalah untuk mendapatkan diri Anda diuji oleh seorang profesional medis. Diagnosis dini dapat melindungi Anda dari penyakit mematikan seperti kanker.

Perubahan warna kuku tidak boleh diabaikan, karena dapat mengindikasikan kanker.

Melanoma subungual, sejenis kanker kulit dapat dideteksi melalui perubahan warna kuku. Ini bisa muncul dalam bentuk garis gelap di bawah kuku Anda, yang menyebabkan perubahan warna kuku. Ini dapat membuat area gelap di dekat kutikula kuku, juga dikenal sebagai lesi subungual.

Selain sebagai tanda kanker, perubahan warna kuku tersebut juga bisa merupakan hasil dari pengobatan kanker, efek samping yang biasanya terjadi akibat obat kanker.

Melanoma subungual dapat menunjukkan gejala lain

Selain pembentukan garis-garis hitam pada kuku jari tangan atau kaki, ada tanda-tanda melanoma subungual lainnya yang bisa muncul pada kuku Anda.

- Kuku lemah dan rapuh

- Memar di kuku Anda, yang sulit disembuhkan

- Pendarahan di sekitar kuku

- Penipisan, retak pada lempeng kuku

- Garis-garis kehitaman-kecoklatan yang terus bertambah

Perawatan adalah kuncinya

Mengingat melanoma mengancam jiwa, jika tidak diobati, bisa berakibat fatal.

Pemeriksaan fisik dan biopsi dapat membantu diagnosis. Yang mengatakan, perawatan akan melibatkan pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, imunoterapi, dan terapi bertarget, tergantung pada seberapa jauh kanker telah berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro