Foto: dok. Bakpia Kukus Tugu Jogja
Relationship

Perjalanan Bakpia Kukus Tugu Jogja, Rajai Oleh-Oleh Bakpia Kukus Favorit Yogyakarta

Media Digital
Rabu, 24 November 2021 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu wilayah tanpa membawa buah tangan saat pulang ke kota asal. Di Yogyakarta, ada satu usaha oleh-oleh yang masih terbilang baru namun berhasil mendulang sukses karena inovasi yang dihadirkannya, yaitu Bakpia Kukus Tugu Jogja. Seperti namanya, Bakpia Kukus Tugu Jogja membawa gebrakan baru dalam panganan bakpia Yogyakarta dengan proses pembuatannya yang dikukus.

Sejak tahun 2017, nama Bakpia Kukus Tugu Jogja hangat dibicarakan oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Didirikan oleh Rizka Wahyu Romadhona bersama suaminya, Bakpia Kukus Tugu Jogja menawarkan bakpia yang memiliki tekstur lembut yang berbeda dari bakpia pada umumnya.

Produk inovatif yang dihadirkan Rizka adalah hasil riset dan percobaan yang dilakukannya secara konsisten sejak awal mendirikan bisnis. Kini bisnisnya menawarkan bakpia modern dengan berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, stroberi, dan kacang hijau. Tak berhenti di situ, Bakpia Kukus Tugu Jogja pun terus berinovasi dan kini telah menambah dua produk baru berupa Bakpia Kukus Klepon dan kue brownies yang dapat dinikmati dengan dua rasa isian yakni cokelat dan keju. 

Rizka Wahyu Romadhona, Founder Bakpia Kukus Tugu Jogja menceritakan, “Bermula dari keinginan dan rasa penasaran untuk memulai bisnis, saya dan suami ingin membuat sesuatu yang berbeda di dunia kuliner Yogyakarta. Akhirnya kami mendapatkan sebuah ide untuk menghadirkan inovasi baru dan memodifikasi produk bakpia yang kerap jadi buah tangan Yogyakarta tapi dengan cara dikukus. Ternyata inovasi kami ini berhasil membawa Bakpia Kukus Tugu Jogja menjadi pionir bakpia kukus di Yogyakarta.” 

Disukai oleh segala usia, Bakpia Kukus Tugu Jogja pun mudah ditemui di 8 gerai resmi dan tersedia pula di 45 mitra yang tersebar di sekitar Yogyakarta. Harganya pun sangat terjangkau, pelanggan dapat menikmati bakpia modern tersebut dengan harga mulai dari Rp35,000 untuk satu kotak bakpia kukus.

Selain menawarkan inovasi bakpia dengan cara dikukus, inovasi rasa yang unik, serta harga yang terjangkau, Rizka tentu tidak berhenti mengembangkan bisnisnya.

Beragam strategi dilakukan Rizka dan tim, salah satunya menerapkan strategi marketing word of mouth melalui berbagai kanal agar nama Bakpia Kukus Tugu Jogja semakin didengar. Hal ini dilakukan Rizka dengan cara membuat kampanye berjudul “Jogja Rasa Baru” dan “Kangen Yogyakarta, Kami Kirim Bakpianya” yang bertujuan untuk semakin mendekatkan bakpia kukus dengan masyarakat. 

Kegigihan Rizka sebagai seorang pengusaha pun berlanjut dengan terus peka terhadap situasi sekitar. Melihat perilaku masyarakat yang mulai beralih ke arah pembayaran digital, Bakpia Kukus Tugu Jogja memutuskan untuk bergabung dengan ShopeePay pada awal tahun 2020. Keputusan ini ternyata merupakan langkah yang tepat, terlebih di situasi pandemi yang melanda setelahnya.  

“Awal pandemi, banyak pelanggan yang memilih untuk membeli produk kami secara online melalui marketplace. Namun, ada juga yang tetap memilih untuk datang ke gerai kami dengan sangat mengurangi kontak fisik. Kebetulan karena ShopeePay sudah ada di gerai kami, pelanggan memang lebih nyaman untuk bertransaksi digital dengan ShopeePay. Apalagi promo cashback yang dihadirkan ShopeePay semakin mendorong ketertarikan pelanggan untuk bertransaksi di gerai kami. Bahkan kehadiran ShopeePay ini bisa saya bilang membantu penjualan kami yang sempat turun di masa pandemi hingga 50%. Untuk itu, saya harap semoga ke depannya ShopeePay terus menghadirkan fitur-fitur dan promo yang menarik sehingga dapat memfasilitasi dan memudahkan transaksi pelanggan Bakpia Kukus Tugu Jogja. Jadi tumbuhnya pun bareng-bareng antara ShopeePay dan Bakpia Kukus Tugu Jogja,” tutup Rizka.

Bagi pelanggan yang ingin membeli Bakpia Kukus Tugu Jogja sebagai oleh-oleh, silakan kunjungi gerai terdekat dan mencari informasi lebih lanjut melalui laman https://bakpiakukustugu.co.id/ atau Instagram @bakpiatugujogja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami