Kadet 1947
Entertainment

Sinopsis Film Kadet 1947 yang Tayang Hari Ini, dan Jaketnya Pernah Dipakai Jokowi

Newswire
Kamis, 25 November 2021 - 17:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Film Kadet 1947 resmi tayang di bioskop mulai hari ini, 25 November 2021.

Dikutip dari Tempo, film Kadet 1947 telah merilis official teaser dan poster perdana serentak di seluruh media sosial resminya. Dalam teaser berdurasi 60 detik yang diunggah di YouTube pada Jumat, 17 September 2021, terlihat sejumlah adegan dramatis.

Diawali dengan penampakan pesawat Guntei yang terbakar dengan asap membumbung ke udara. Hal serupa juga terlihat pada poster yang juga menampilkan ilustrasi pesawat Guntei yang baru saja meledakkan target.

Satu per satu anak muda yang berpeluh keringat dan debu dari Maguwo mulai muncul. Mereka adalah para kadet, calon siswa TNI Angkatan Udara. Terdiri dari tujuh calon perwira, Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio) dan penembak udara, Tardjo (Wafda Saifan), Dul (Chicco Kurniawan), dan Kaput (Fajar Nugra).

Diiringi latar belakang musik yang megah, penonton dibuat semakin tegang saat melihat sosok Tardjo (Wafda Saifan) mengangkat senapan ke muka lawan. Target bidikannya tidak terlihat dalam teaser sehingga penonton harus mencari tahu dengan menonton langsung Kadet 1947 saat tayang di bioskop nanti.

Produser Celerina Judisari mengakatan tujuan dari film Kadet 1947 adalah ingin mengajak anak muda mencintai Indonesia serta dirinya sendiri dari sudut pandang yang realistis. “Siapapun yang punya perjuangan hidup dari nol, tidak punya pengalaman, pernah diragukan bahkan tidak dianggap orang lain adalah kadet. Saya yakin banyak orang yang bisa relate dengan kisah ini. Teaser ini hanya permulaan, akan banyak kejutan lain saat filmnya. Mohon dukungannya untuk segera hadir di bioskop akhir tahun ini,” kata Celerina dalam siaran pers yang diterima Tempo pada Senin, 19 September 2021.

Sementara itu, menurut salah satu sutradara dan penulis naskah film Kadet 1947 Aldo Swastia, film ini menampilkan banyak karakter sehingga tidak diwakili karakter sentral 1-2 orang saja. “Mereka adalah sekawanan anak muda yang berbeda karakter tapi punya satu tujuan. Persis seperti para pemerannya, ada yang sering dapat karakter ceria di film lain, di sini harus memerankan sosok yang serius, misalnya. Ada juga yang akrab dengan genre romantis modern, sekarang harus berakting pacaran ala anak muda zaman dulu. Proses syuting film ini memang mengajak para aktor keluar dari ‘zona nyaman’-nya, sampai mereka berhasil memberi warna masing-masing bagi film ini,” kata Aldo Swastia.

Proses syuting film Kadet 1947 dimulai sejak akhir tahun lalu. Syuting film Kadet 1947 berlokasi di sekitar Wonosari dan Yogyakarta dilakukan dengan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat. Meskipun dilakukan di tengah pandemi, semua kegiatan syuting selama lebih dari 30 hari berjalan dengan lancar.

Film Kadet 1947 adalah film drama berlatar belakang sejarah yang diproduksi oleh Temata Studios dan didukung oleh Screenplay Films dan Legacy Pictures. Film ini disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia. Film Kadet 1947 terinspirasi dari peristiwa serangan udara pertama Indonesia ke tentara Belanda yang menduduki wilayah-wilayah di Indonesia pada saat Agresi Militer Belanda I tahun 1947. Aksi ini dilakukan oleh para kadet (calon siswa TNI Angkatan Udara) yang memiliki semangat untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia saat itu.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat mengenakan jaket film Kadet 1947 saat kunjungan kerja ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Kamis, 21 Oktober 2021. Sebagai pemain film Kadet 1947, Ibnu Jamil merasa bangga, karena jaket yang dikenakannya kembaran Jokowi.

 Jaket hijau yang dikenakan oleh Ibnu memiliki badge Kadet 1947 serupa dengan jaket yang dikenakan oleh Jokowi saat meresmikan pabrik biodiesel di Kabupaten Tanah Bumbu, meninjau kegiatan vaksinasi, dan meresmikan jembatan Sei Alalak kemarin.

“Hari ini jaket gw kembaran sama pak @jokowi. Semoga besok rejekinya yang kembaran kaya Pak Jokowi yang ternyata #TerkadetKadet juga. Sampai ketemu 25 November di bioskop!” tulis Ibnu Jamil di Instagramnya pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Kadet 1947 merupakan judul film drama heroik yang disutradarai Rahabi Mandra dan Aldo Swastia, produksi Temata Studios dan Celerina Judisari Production, serta didukung oleh Legacy Pictures dan Screenplay Films. Pada kesempatan sebelumnya, mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf juga pernah mengenakan jaket yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro