Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Anda Sedang Sakit

Ada tiga kategori dasar makanan yang bervariasi berdasarkan skenario kesehatan/penyakit.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  15:35 WIB
Sop ayam - ilustrasi
Sop ayam - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA  - Sakit tentu saja bukanlah hal yang menyenangkan. Tetapi sakit merupakan tanda bahwa daya tahan tubuh Anda sedang aktif bekerja melawan infeksi.

Istirahat, makan, merawat diri dan memulihkan diri adalah hal yang bisa Anda lakukan di kala sakit. Meskipun istirahat dan pengobatan masih bisa dilakukan, pada beberapa orang makan menjadi masalah. Mual, lemah, nafsu makan berkurang dan lainnya sering terjadi saat Anda sakit dan ini membuat Anda sulit untuk makan.

“Hal terbaik yang bisa Anda lakukan saat merasa tidak enak badan adalah fokus pada apa yang bisa membantu Anda dan apa yang terdengar menarik,” kata ahli diet Cleveland Clinic Andrea Dunn.

Andrea menguraikan makanan apa yang harus dimakan dan diminum saat Anda merasa tidak enak badan.

Melansir Times Now News, Rabu (1/12/2021), ada tiga kategori dasar makanan yang bervariasi berdasarkan skenario kesehatan/penyakit:

1. Apa yang harus Anda makan dan minum saat mengalami dehidrasi atau untuk menghindari dehidrasi

2. Apa yang harus Anda makan dan minum saat usus Anda sakit, seperti diare

3. Apa yang harus Anda makan dan minum saat Anda merasa mual atau sakit perut

Apabila Anda mengalami dehidrasi, inilah yang harus Anda makan dan minum:

1. Minuman

Untuk minuman, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan suasana hati dan selera Anda, baik itu minuman panas ataupun dingin. Ini akan membantu Anda memerangi dehidrasi. Pastikan untuk memenuhi asupan cairan sepanjang hari misalnya dengan air putih, elektrolit, teh, jus atau air berkarbonasi.

2. Sup

Sup menjadi pilihan utama bagi mereka yang sedang sakit karena sup dapat meningkatkan nafsu makan. Ada alasan mengapa sup ayam menjadi pilihan bagi kebanyakan orang saat mereka tidak enak badan. Ini karena sup ayam sarat dengan kalori, protein dan vitamin, serta merupakan sumber cairan dan elektrolit yang baik.

3. Buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran segar memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menjaga Anda tetap terhidrasi. Buah segar mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh, menjadikannya pilihan yang baik di kala Anda mengalami dehidrasi. Apel, semangka, air kelapa, jeruk dan anggur bisa menjadi pilihan.

Jika usus Anda sakit, seperti gangguan pencernaan, Anda bisa memakan ini:

1. Apa saja yang menjadi bagian dari menu diet BRAT

BRAT merupakan akronim dari banana, rice, applesauce and toast. Kebanyakan mereka yang menderita diare dapat mentolerir beberapa makanan sederhana ini. Anda juga bisa mencoba diet BRATTY yang meliputi teh tanpa kafein dan yoghurt.

2. Makanan hambar

Ini mungkin terdengar membosankan dan membuat selera makan Anda semakin berkurang. Tetapi jika Anda ingin meredakan gejala, Anda tidak boleh memberi makan saluran pencernaan makanan yang dapat mengiritasi lambung atau lapisan dalam usus. Anda bisa makan nasi dan dada ayam panggang atau, keju dan biskuit.

3. Buah dan sayuran

Anda bisa menambahkan kentang rebus atau panggang, labu, apel atau pisang.

Jika Anda merasa mual atau sakit perut, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut:

1. Jahe

Dapatkan irisan jahe segar di mulut Anda saat Anda merasa mual. Rempah-rempah ini terkenal dengan efek anti mualnya. Teh jahe dan permen jahe juga bisa membantu Anda. Anda juga bisa menambahkan madu dan lemon ke dalam minuman jahe Anda.

2. Makanan kering

Cobalah menggigit beberapa potong makanan kering setiap beberapa jam saat Anda tengah berjuang melawan mual. Sereal, roti panggang atau biskuit biasa bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi mual.

3. Makanan dingin dan makanan yang aromanya tidak menyengat

Biasanya saat kita sakit, indera penciuman kita juga ikut terganggu. Atau beberapa bau dapat memicu mual. Jeli beku, es krim, buah beku, yoghurt atau es loli mungkin bisa membantu Anda. Bahkan, menghisap es batu adalah cara yang baik untuk menambah asupan cairan dalam tubuh Anda.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat sakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top