Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Layanan Kebersihan Rumah Jadi Tren di Indonesia

Pasar layanan kebersihan rumah di Indonesia pada awalnya sangat terfragmentasi karena kurangnya standarisasi dan asimetri informasi yang parah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  20:38 WIB
Jasa Layanan Kebersihan Rumah Jadi Tren di Indonesia
Layanan Kebersihan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia telah menjadi salah satu pasar terbesar untuk layanan kebersihan rumah, dengan lebih dari $25 miliar, serta didukung oleh populasi terbesar ke-4 dunia dan pertumbuhan penduduk kelas menengah yang pesat.

Pasar layanan kebersihan rumah di Indonesia pada awalnya sangat terfragmentasi karena kurangnya standarisasi dan asimetri informasi yang parah.

Namun, sejak pertengahan hingga akhir 2010, peningkatan pengguna ponsel, disposable income, dan single-person household telah mengubah pasar ini menjadi layanan paruh waktu berbasis platform online yang lebih mudah diakses.

OKHOME perusahaan platform layanan kebersihan rumah yang beroperasi sejak 2017 menyebutkan jika saat ini masyarakat mulai sadar akan pentngnya kebersihan, terutama di tengah pandemi covid.

Karena itulah, layanan kebersihan rumah seperti Okhome menjadi berkembang pesat.

Menurut CEO Okhome Dee, OKHOME membantu para pelanggan, terutama yang tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan rumah, agar bisa menggunakan waktu dan energi mereka untuk kesibukan lainnya. Melalui mitra kerja sama jasa pembersih, OKHOME juga memberikan peluang karir dan meningkatkan sumber daya dengan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

OKhome sendiri menyediakan berbagai layanan termasuk jasa kebersihan/perawatan rumah, disinfeksi ruangan, dan service AC, yang mencakup wilayah Jabodetabek dan Surabaya.

OKHOME telah secara aktif menargetkan pelanggan Indonesia dengan layanan sistem manajemen kualitas (QMS) yang berbeda dan sistem reservasi berbasis aplikasi otomatis.

Targetnya, adalah populasi yang lebih sadar akan pentingnya kebersihan, apalagi di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, perusahaan berbasis platform aplikasi itu juga mengumumkan penutupan putaran pendanaan Seri A senilai $3 juta dengan partisipasi dari POSCO Venture Capital, A Ventures, ES Investor, Honest Ventures, Enlight Ventures, dan lainnya.

Hasil dari pendanaan tersebut nantinya akan digunakan OKHOME untuk meningkatkan pangsa pasarnya melalui pengembangan produk dan pemasaran yang agresif, memanfaatkan lock-in effects konsumen melalui peluncuran layanan tambahan selain pembersihan, serta memperluas posisinya sebagai salah satu operator platform layanan kebersihan rumah terbaik di pasar.

Dee selaku CEO OKHOME menyatakan, tujuan OKHOME adalah menyediakan solusi kebersihan berstandar tinggi untuk membuat tempat tinggal menjadi bersih dan nyaman. Hasil pendanaan Seri A ini diharapkan bisa menjadi bekal bagi kami untuk terus menghadirkan layanan-layanan baru yang inovatif, serta meningkatkan layanan dari tenaga profesional sehingga memberi kepuasan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebersihan cleaning service
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top