Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siswa SMK Raden Umar Said Kudus Bikin Animasi Lagu Sabda Alam, Ini Videonya

Proyek ini sudah diunggah pada September 2021, dan bisa Anda saksikan melalui saluran YouTube RUS Animation Studio. Video ini sudah ditonton sebanyak 3 juta kali dan disukai lebih dari 20 ribu orang.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 03 Desember 2021  |  20:06 WIB
Intro video musik Sabda Alam
Intro video musik Sabda Alam

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar membanggakan datang dari generasi muda Indonesia.

Pasalnya, sebanyak 95 siswa dari tiga angkatan jurusan Animasi dan Seni Ilustrasi dari SMK Raden Umar Said Kudus berhasil merilis video animasi sebagai video klip dari lagu milik musisi asal Indonesia Chrisye, Sabda Alam.

Di bawah bimbingan 14 guru, pengerjaan proyek ini memakan waktu hampir 2 tahun dikarenakan situasi pandemi yang seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu 9 bulan.

Meskipun pembuatannya dikerjakan oleh siswa SMK, prosesnya sama dengan pembuatan animasi industri.

Nanda Sekar Kinasih, salah satu siswa SMK Raden Umar Kudus yang bertindak sebagai Concept Art, membagikan tantangan yang dihadapinya ketika terlibat dalam proyek Sabda Alam ini.

“Tantangan yang saya hadapi adalah harus menggambar karakter serealis mungkin tapi dengan sentuhan animasi. Misalnya, bentuk mata yang lebih besar, agar ekspresi karakter lebih kelihatan,” ungkap Nanda, dalam unggahan YouTube RUS Animation Studio, Jumat (3/12/2021).

Sabda Alam ini juga menggandeng musisi Indonesia ternama. Sebut saja Eva Celia sebagai Burung Kakaktua Jambul Kuning, Fadly Padi sebagai Burung Jalak Bali, Mytha Lestari sebagai Burung Rangkong Betina, Mario Ginanjar sebagai Burung Ekek Geling dan Leisha Ramadhania sebagai Anak Burung Rangkong.

Proyek Sabda Alam menceritakan tentang kehidupan burung-burung di Indonesia yang tadinya hidupnya bahagia, kemudian mulai berubah semenjak burung-burung ini mulai diburu dan diperjual belikan secara ilegal.

Video ini sekaligus mengajak semua orang untuk turut menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan dengan tidak memburu, memperdagangkan dan memelihara burung-burung langka.

Proyek ini sudah diunggah pada September 2021, dan bisa Anda saksikan melalui saluran YouTube RUS Animation Studio. Video ini sudah ditonton sebanyak 3 juta kali dan disukai lebih dari 20 ribu orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

animasi video musik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top