Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Pendengar yang Baik Bisa Mengubah Hidup Anda, Begini Caranya

Rata-rata, setelah mendengarkan orang berbicara, seseorang hanya mengingat setengah dari apa yang dikatakan orang lain.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  17:08 WIB
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Seni mendengarkan benar-benar menurun di tengah dunia yang dipenuhi dengan informasi, kebisingan tiada henti, peralatan produktivitas di tempat kerja yang tidak ada habisnya dan ponsel cerdas. Semua ini tampaknya jauh lebih penting daripada orang yang saat ini tengah berdiri di depan kita.

Faktanya, rata-rata, setelah mendengarkan orang berbicara, seseorang hanya mengingat setengah dari apa yang dikatakan orang lain.

Padahal, mendengarkan sangat penting, tidak hanya untuk memahami orang lain tetapi juga dapat mengubah hidup Anda, baik di tempat kerja maupun di dalam kehidupan pribadi Anda. 

Melansir Entrepreneur, Kamis (16/12/2021), berikut ini adalah tiga cara mendengarkan lebih fokus dan menjadi pendengar yang baik yang dapat membantu mengubah hidup Anda. Setelah membaca ini, Anda mungkin akan lebih banyak menaruh perhatian pada lawan bicara Anda.

1. Ubah dinamika Anda dengan orang lain

Saat kita berinteraksi dengan orang lain, tidak peduli seberapa besar kita peduli terhadap mereka atau seberapa dekat kita, sangat mudah untuk mendengarkan sembari memikirkan apa yang ingin Anda katakan selanjutnya.

Beberapa orang mungkin akan berpikir bahwa ini adalah status default kita saat berada di sekitar orang lain. Padahal, kita membutuhkan kesadaran untuk sepenuhnya fokus pada apa yang orang lain katakan kepada kita, tanpa memikirkan diri sendiri. 

Semakin dalam Anda mendengarkan orang lain, Anda akan menemukan semakin banyak isyarat non-verbal yang Anda ambil dari apa yang tidak mereka katakan. Mulai dari bahasa tubuh hingga kata-kata spesifik yang mereka gunakan, semuanya bisa memberi tahu Anda mengenai sikap mereka, bagaimana perasaan mereka, dan memberi tanggapan yang lebih bijaksana di pihak Anda.

Semua ini pada akhirnya dapat memperdalam hubungan kita dengan orang-orang yang berarti bagi Anda.

Ditambah lagi, mereka akan merasa didengar dan dipahami, dan mungkin, mereka akan menganggap Anda sebagai pendengar yang hebat!

2. Tingkatkan kemampuan Anda untuk memecahkan tantangan yang berat

Di tempat kerja, kita semua harus mendengarkan orang lain hingga taraf tertentu. Terutama, di tengah  pertemuan, beberapa orang mungkin merasa bosan karena harus mendengar seseorang berbicara dalam waktu yang lama, dan itu akan menghalani keinginan Anda untuk mendengarkan. 

Belum lagi, komunikasi yang dilakukan secara tertulis lebih sering dilakukan di tempat kerja, seperti email misalnya. Itu artinya kesempatan Anda untuk berlatih mendengarkan dengan empati akan semakin sedikit.

Tantangan di tempat kita bekerja masih memerlukan koordinasi dan kerja tim yang serius. Kita perlu berlatih mendengarkan orang lain untuk mengisi kesenjangan pengetahuan, menyusun strategi, dan melaksanakan tantangan dan rintangan yang ada di tempat kerja Anda.

3. Menjadi lebih terhubung dengan dunia

Ya, mendengarkan adalah sesuatu yang sangat ajaib karena mampu menghubungkan kita dengan orang lain, dan melalui orang lain ke dunia yang lebih besar. 

Apabila Anda menjalankan bisnis atau bahkan bekerja sebagai karyawan, kemungkinan mendengarkan merupakan faktor paling penting dalam kesuksesan atau kegagalan Anda. Kebanyakan orang seringkali tidak menyadari, bahwa masalah paling kompleks yang kita hadapi membutuhkan kerjasama dengan orang lain untuk dipecahkan, yang membutuhkan 'mendengarkan'.

Ingin mulai berlatih mendengarkan dengan lebih baik? Semuanya dimulai dengan perhatian dari waktu ke waktu, terhadap apa yang dikatakan orang lain. 

Hindari gangguan, tenangkan obrolan di pikiran Anda, dan bulatkan tekad untuk benar-benar memahami orang lain. Ini setidaknya membantu Anda mengalihkan sorotan dari mendengarkan diri sendiri menjadi mengutamakan orang lain.Nah seiring waktu dan tentunya dengan pengulangan, mendengarkan orang lain secara mendalam akan menjadi lebih alami. Anda mungkin akan diberi gelar 'pendengar yang baik dan hebat' dan orang-orang akan tertarik dengan Anda karena mereka tahu, Anda meluangkan waktu untuk benar-benar memahami mereka.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi Alat Bantu Dengar
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top