Oxygen Generator
Health

12 RS Terima Bantuan Oxygen Generator dan Kompresor

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 Desember 2021 - 15:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 12 rumah sakit di tanah air mendapatkan donasi berupa 12 unit Oxygen Generator dan 12 Kompresor untuk pengisian tabung oksigen senilai Rp11,27 miliar.

Donasi itu berasal dari Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan bekerja sama dengan KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura selaku penggagas program dan para donatur Oksigen untuk Indonesia, baik perusahaan maupun perorangan di Singapura.

Donasi ini diberikan sebagai langkah antisipatif dalam mengatasi kelangkaan oksigen, terutama apabila terjadi kenaikan angka COVID-19, serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkannya pasca pandemi. 

Duta Besar RI untuk Singapura, Bapak Suryopratomo, menyebutkan, di tengah berlangsungnya beban berat pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap perekonomian dunia, pemerintah dan instansi terkait tetap harus bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk kenaikan angka positif COVID-19. Generator oksigen dan kompresor ini akan sangat membantu rumah sakit daerah dalam menyediakan suplai oksigen kepada pasien yang memerlukannya, baik di masa pandemi maupun setelah pandemi.”

Yustinus Kusumah selaku Direktur FajarPaper mengatakan, Indonesia pernah mengalami krisis akibat lonjakan angka COVID-19 yang sangat drastis pada pertengahan 2021 yang salah satunya diakibatkan oleh ketidaksiapan fasilitas kesehatan, termasuk minimnya ketersediaan oksigen.

"Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, FajarPaper mendonasikan sejumlah 12 unit oxygen generator dan kompresor untuk 12 rumah sakit di Indonesia sebagai upaya antisipatif apabila terjadi peningkatan angka COVID-19 serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkan pasca pandemi.” ujarnya.

Direktur RSUD Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah, M.Kes., mengungkapkan donasi ini sangat membantu tenaga kesehatan mempersiapkan fasilitas yang memadai sebagai bentuk antisipasi untuk memastikan ketersediaan oksigen untuk pasien, baik dalam masa pandemi maupun pasca pandemi.”

Adapun ke-12 rumah sakit yang dipilih berdasarkan rujukan dari Kementerian Kesehatan adalah:

1.    Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi

2.    Rumah Sakit Solok Selatan

3.    Rumah Sakit Arga Makmur, Bengkulu Utara

4.    Rumah Sakit Kaur, Riau

5.    Rumah Sakit Pringsewu, Lampung

6.    Rumah Sakit Sejiren Satason

7.    Rumah Sakit Bangka Tengah

8.    Rumah Sakit Palmatak

9.    Rumah Sakit Tanjung Uban

10.  Rumah Sakit DR RM Pratomo Rokan Hilir

11.  Rumah Sakit Teluk Kuantan

12.  Rumah Sakit Dr Esnawan Antariksa, Halim, Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro