Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

11 Tips Agar Komunikasi dengan Pasangan Makin Erat

Jangan menunggu terlalu lama untuk membicarakan sesuatu jika itu terus menjadi masalah bagi Anda.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 29 Desember 2021  |  22:50 WIB
Ilustrasi pasangan sedang bertengkar - PinkVilla
Ilustrasi pasangan sedang bertengkar - PinkVilla

Bisnis.com, JAKARTA – Komunikasi merupakan kunci utama dalam suatu hubungan keluarga, teman, maupun pasangan. Tanpa komunikasi yang baik, hubungan akan sulit dipertahankan.

Jika Anda berpikir Anda dan pasangan Anda kurang komunikasi yang efektif, Anda mungkin benar. Menurut psikoterapis Laura Young, komunikasi yang baik sangat penting untuk membangun kepercayaan dan keintiman, yang menciptakan hubungan yang lebih kuat. 

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan ini, melansir dari Bolde (29/12/2021).

  1. Menyadari ada bentuk komunikasi yang berbeda

Beberapa orang suka berkomunikasi dengan berbicara, beberapa lebih visual, dan yang lain lebih suka sentuhan fisik untuk menyampaikan perasaan mereka. Misalnya, seseorang lebih suka visual dan merespons lebih baik ketika pasangannya melakukan kontak mata Memahami cara terbaik pasangan Anda berkomunikasi adalah langkah pertama.

  1. Luangkan waktu dengan pasangan

Tanyakan bagaimana keadaan pasangan Anda setidaknya sekali sehari. Anda juga dapat menyisihkan satu hari dan waktu setiap minggu untuk berbicara secara tatap muka. Letakkan ponsel Anda, matikan TV, dan benar-benar terbuka satu sama lain. Cukup meluangkan waktu untuk berdiskusi secara teratur akan memastikan bahwa Anda selalu berada di halaman yang sama.

  1. Saling mendengar

Jangan terlalu fokus untuk menjadi benar atau memenangkan argumen sehingga Anda lupa untuk memahami apa yang dikatakan orang lain. Jadilah pendengar yang aktif. Benar-benar mempertimbangkan apa yang mereka bicarakan dan tanggapi dengan penuh perhatian. Tidak ada yang akan terselesaikan jika Anda tidak mencoba memahami sudut pandang orang lain.

  1. Jangan menunggu untuk mengungkapkan sesuatu yang mengganggu Anda

Tidak apa-apa untuk meluangkan waktu untuk menenangkan diri setelah pertengkaran. Tetapi, jangan menunggu terlalu lama untuk membicarakan sesuatu jika itu terus menjadi masalah bagi Anda. Jika Anda menahannya, itu akan menumpuk dan akhirnya akan meledak. Ketika itu terjadi, seringkali Anda atau pasangan akan melontarkan ucapan yang menyakitkan yang sebenarnya bukan Anda maksudkan. 

  1. Jangan menyalahkan orang lain

Jika Anda menuduh pasangan Anda sepenuhnya bersalah setiap kali Anda berbicara, mereka akan merasa diserang. Anda harus bisa mengakui ketika Anda mungkin salah dan bertanggung jawab atas peran Anda dalam apa pun yang Anda perdebatkan. Diskusi Anda akan jauh lebih efektif dengan cara ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komunikasi pasangan tips cinta
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top