Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Makanan Ini Bisa Bantu Sembuhkan Pasien Covid-19

Infeksi virus corona merusak tubuh dan kekebalan tubuh karena stres. Konsumsilah beberapa makanan sehat yang mempercepat untuk menyembuhkan Covid-19.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  14:04 WIB
Touge bisa mempercepat pemulihan pasien Covid/19.
Touge bisa mempercepat pemulihan pasien Covid/19.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemulihan pada pasien setelah terkena Covid-19 tidak cukup hanya dengan obat-obatan. Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu pemulihan sehingga tubuh kembali bugar. 

Infeksi Covid sangat merusak tubuh dan kekebalan tubuh karena stres, memperlambat fungsi pencernaan, imunologi, dan reproduksi. Tidak hanya itu, kadar steroid memiliki pengaruh signifikan pada tubuh yang Anda gunakan bersamaan dengan kondisi tersebut. Kekurangan protein adalah penyebab paling umum dari gangguan fungsi kekebalan. 

Alhasil, berikut beberapa makanan berprotein tinggi yang harus Anda konsumsi pasca Covid-19, menurut Times of India. 

1. Taoge/Kecambah

Kecambah dari kacang hijau ini menjadi sumber protein yang tinggi. Benih yang telah berkecambah lebih tinggi protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, dan vitamin C dan K daripada tanaman itu sendiri. 

Pasien Covid-19 harus memasukkan kecambah hijau, alfalfa, buncis, dan bahkan rami atau chia karena mereka menawarkan asam amino penting dalam jumlah yang lebih besar. Konsumsi maknana tersebut akan lebih mudah dicerna dan dengan cepat memenuhi kebutuhan protein Anda. 

Kecambah juga meningkatkan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga memungkinkan tubuh pulih lebih cepat.

2. Asam Amino 

Daging merah dari hewan yang diberi makan rumput organik dan dibesarkan tanpa menggunakan bahan kimia atau hormon mengandung asam amino yang tinggi dan berbagai elemen gut-healing, yang semuanya dapat bermanfaat setelah Covid-19. 

Daging merah terutama domba, penuh dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang dapat berdampak besar pada kesehatan Anda. Bukan berarti Anda bebas konsumsi daging domba, tapi harus diimbangi dengan sayuran yang ckup agar tidak terjadi kenaikan kolesterol. 

3. Ikan 

Tidak hanya protein tetapi ikan adalah sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 tinggi serta vitamin D B2 (riboflavin), kalsium, fosfor, mineral seperti besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium yang mudah dicerna dan juga anti inflamasi. 

Banyak orang mengalami kesulitan mencerna berbagai kacang-kacangan dan lentil, terutama jika perut dan sistem kekebalan mereka melemah. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencerna, ikan dapat menjadi obat untuk kebutuhan pemulihan Anda.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan tips sehat Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top