Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat, Efek Samping dan Cara Menggunakan Retinol untuk Cegah Penuaan Dini

Retinol adalah bahan ampuh yang memberikan manfaat anti-penuaan dengan merangsang pergantian sel dan membawa sel-sel baru yang sehat ke permukaan kulit untuk penampilan yang lebih muda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  20:44 WIB
Penuaan dini
Penuaan dini

Bisnis.com, JAKARTA - Proses penuaaan kulit merupakan sesuatu yang alami. Biasanya diawali dengan kulit yang mulai keriput. Proses kulit keriput biasanya mulai terjadi pada seseorang yang sudah memasuki usia 40 hingga 50 tahun.

Ketika keriput mulai datang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi proses tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan retinol.

Retinol adalah bahan ampuh yang memberikan manfaat anti-penuaan dengan merangsang pergantian sel dan membawa sel-sel baru yang sehat ke permukaan kulit untuk penampilan yang lebih muda.

Selain itu, retinol membantu mengembalikan elastisitas dan sifat kompak protein ini. Karena kekuatan pembaruannya yang terbukti, retinol diakui sebagai bahan anti-penuaan standar emas.

Retinol semakin dikenal publik setelah digunakan sebagai bahan utama berbagai produk skincare dan kosmetik. Kandungannya dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen dan membantu pergantian sel. Kolagen adalah zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit. Manfaat retinol lainnya juga termasuk mencegah penuaan dini, meratakan warna kulit dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

Melansir Webmd, retinoid membantu kulit Anda membuat lebih banyak kolagen, mereka melembutkan kerutan dan garis-garis halus. Mereka juga merangsang pembuluh darah baru, yang dapat memberi warna kemerahan pada kulit Anda. Retinoid juga membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan menghaluskan tambalan kasar. Tretinoin (Retin-A) adalah pilihan resep populer untuk kulit yang menua.

Cara Menggunakan Retinoid

Di malam hari, oleskan sedikit (seukuran kacang polong) di seluruh wajah Anda dan gosokkan. Menggunakan lebih dari itu dapat menyebabkan gatal, kemerahan, atau kering.

Retinoid rusak di bawah sinar matahari. Itu sebabnya Anda harus memakainya di malam hari sebelum tidur. Mereka tidak meningkatkan risiko Anda terkena sengatan matahari. Tapi pintar untuk selalu menggunakan tabir surya -- apakah Anda menggunakan retinoid atau tidak.

Efek samping

Retinoid biasanya menyebabkan kulit kering, kemerahan, gatal, atau mengelupas. Tapi itu biasanya hilang setelah beberapa saat. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk menggunakannya setiap malam atau hanya seminggu sekali pada awalnya sampai Anda dapat menggunakannya setiap malam. Jika Anda terus mengalami masalah, hentikan dan bicarakan dengan dokter Anda.

Selain kemungkinan efek samping jangka pendek, retinoid aman bagi kebanyakan orang. Tetapi retinoid belum diuji pada wanita hamil. Jadi Anda tidak boleh menggunakannya selama kehamilan atau saat menyusui.

Jangan mengharapkan hasil yang cepat ketika Anda mulai menggunakan retinoid. Diperlukan waktu 3 bulan sebelum Anda melihat perubahan pada kerutan atau garis halus. Hasil terbaik bisa memakan waktu selama 6 bulan sampai satu tahun. Penting untuk bersabar. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Spesialis kulit dr Howard Murad mengimbau para pengguna retinol harus teliti dan cermat dalam memilih produk retinol. Karena, ada sejumlah formula retinol yang bisa menyebabkan iritasi.

Dia juga menambahkan studi ilmiah terbaru menunjukkan bahwa retinol dapat mendorong vaskularisasi di dermis. Ini berarti lebih banyak produksi kolagen. Dalam hal penuaan, retinol memiliki tiga manfaat yang jelas: membantu menjaga sel-sel Anda tetap kompak, membantu pembaruan sel dan berpotensi mendorong produksi kolagen.

Karena itu, katanya, mereka mencoba memformulasikan retinol dengan engatasi kelemahan tradisional retinol pada umumnya dengan terobosan teknologi Retinol Tri-Active.

"Retinol Tri-Active terdiri dari tetinoid yang bekerja cepat, retinol yang dilepaskan secara perlahan dan akurat, dan booster untuk mengoptimalkan kinerja dan dengan cepat memberikan hasil yang terlihat dengan efek samping yang diminimalkan. Setelah bertahun-tahun penelitian dan pengembangan, saya bangga untuk mengatakan bahwa kami akhirnya menyempurnakan sains dengan lini produk Retinol revolusioner kami: Retinol Youth Renewal Serum, Retinol Youth Renewal Eye Cream, dan Retinol Youth Renewal Night Cream,” jelas dr. Murad.

dr. Murad juga mengklaim produk ini dapat bekerja dengan cepat dan tanpa iritasi pada formula retinol tradisional.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penuaan perawatan wajah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top