Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

19 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat dan Sehat

Stres bisa meningkatkan penambahan lemak di sekitar pinggang Anda, sehingga bisa menyebabkan perut buncit. Simak cara mengecilkan perut buncit!
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  18:30 WIB
Ilustrasi - fitnessformen.co.id
Ilustrasi - fitnessformen.co.id

Bisnis.com, JAKARTA – Mengecilkan perut menjadi salah satu resolusi di 2022 bagi sebagian orang. Memiliki perut buncit cukup membuat khawatir dan repot saat memilih baju terutama bagi wanita.

Lemak yang menyebabkan perut buncit lebih dari sekadar gangguan yang membuat pakaian Anda terasa kencang. Salah satu jenis lemak perut atau lemak visceral merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Meskipun banyak yang menghitung berat badan normal dengan indeks massa tubuh, orang dengan lemak perut berlebih memiliki risiko yang lebih tinggi meskipun terlihat kurus. 

Menghilangkan lemak dari area ini menjadi tantangan tersendiri karena cukup sulit. Jangan bingung dan putus asa, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut.

Berikut adalah 19 tips efektif untuk menghilangkan lemak perut buncit, melansir dari Healthline (20/1/2022): 

  1. Makan banyak serat larut

Serat larut dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori. Cobalah untuk memasukkan banyak makanan berserat tinggi dalam diet penurunan berat badan Anda.

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari. Sumber serat larut yang sangat baik meliputi:

-Biji Rami

-Mie Shirataki

-Kubis Brussel

-Alpukat

-Polong-Polongan

-Blackberry

  1. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Beberapa penelitian telah menghubungkan asupan tinggi lemak trans dengan peningkatan lemak perut. 

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Anda, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Jenis lemak ini sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial (partially hydrogenated fats).

mengecilkan perut buncit

  1. Batasi konsumsi alkohol

Asupan alkohol yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan lemak perut. Jika Anda perlu mengurangi lingkar pinggang Anda, pertimbangkan untuk minum alkohol secukupnya atau tidak sama sekali.

  1. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Asupan protein yang tinggi meningkatkan pelepasan hormon kenyang PYY, yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan, sangat ideal jika Anda mencoba menurunkan berat badan di sekitar pinggang.

Pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik setiap kali makan, seperti:

-Daging

-Ikan

-Telur

-Produk Susu

-Protein Whey

-Kacang Polong

  1. Kurangi tingkat stres Anda

Stres dapat meningkatkan penambahan lemak di sekitar pinggang Anda. Meminimalkan stres harus menjadi salah satu prioritas jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Stres dapat membuat Anda bertambah gemuk dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

  1. Jangan banyak konsumsi makanan manis

Asupan gula yang berlebihan adalah penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang. Batasi asupan permen dan makanan olahan tinggi gula tambahan.

Penting untuk disadari bahwa lebih dari sekadar gula rafinasi dapat menyebabkan penambahan lemak perut. Bahkan gula yang lebih sehat, seperti madu asli, harus dibatasi.

  1. Lakukan senam aerobik (kardio)

Latihan aerobik adalah metode penurunan berat badan yang efektif dan mengecilkan perut buncit. Studi menunjukkan kegiatan itu sangat efektif untuk melangsingkan pinggang Anda.

  1. Kurangi karbohidrat — terutama karbohidrat olahan

Asupan tinggi karbohidrat olahan dikaitkan dengan lemak perut yang berlebihan. Pertimbangkan untuk mengurangi asupan karbohidrat Anda atau mengganti karbohidrat olahan dalam diet Anda dengan sumber karbohidrat sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, atau sayuran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan pria lemak tips sehat perut buncit
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top