Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang dengan Kolesterol Tinggi Tidak Perlu Batasi Makanan Tinggi Kolesterol, Benarkah?

Dokter Spesialis Gizi Gaga Irawan menghimbau agar orang dengan kolesterol tinggi tetap menghindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi seperti kuning telur, jeroan, kulit dan kikil.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  11:45 WIB
Ilustrasi kolesterol - gll/getalife.com
Ilustrasi kolesterol - gll/getalife.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian epidemiologi di AS menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara asupan kolesterol dari makanan dengan kadar kolesterol darah dan ini berujung pada dikeluarkannya rekomendasi diet AS yang tidak membatasi asupan kolesterol.

Temuan ini lantas menimbulkan pertanyaan, apakah orang dengan kolesterol tinggi tidak perlu membatasi makanan yang tinggi kolesterol? Apakah temuan ini bisa diberlakukan di Indonesia?

Menanggapi temuan tersebut, Dokter Spesialis Gizi Gaga Irawan menghimbau agar orang dengan kolesterol tinggi tetap menghindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi seperti kuning telur, jeroan, kulit dan kikil.

Meskipun riset dari AS memperbolehkan orang dengan kolesterol tinggi untuk makan makanan tinggi kolesterol, dia menjelaskan, kolesterol merupakan molekul yang tidak bisa digunakan sebagai sumber energi.

"Sehingga kalau kita makan makanan tinggi kolesterol, maka pasti akan menambah kadar kolesterol yang sudah ada," kaya dr Gaga, melansir akun Instagramnya, Kamis (27/1/2022).

Selain itu, menurutnya, penelitian pada masyarakat di AS tidak serta merta akan menghasilkan hal serupa dengan di Indonesia, karena adanya perbedaan ras, pola makan dan pola aktivitas.

"Yang dihindari hanyalah yang tinggi kolesterol bukan semua makanan yang mengandung kolesterol," tambahnya.

Oleh karena itu dr Gaga kembali menegaskan untuk menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, terutama bagi Anda dengan kadar kolesterol tinggi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol lemak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top