Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Penelitian: Vaksin Booster Heterolog Tingkatkan Kekebalan terhadap Virus Corona

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vaksin yang berbeda (heterolog) sebagai suntikan penguat (booster) dapat membantu meningkatkan efek kekebalan terhadap Virus Corona.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  14:06 WIB
Seorang tenaga kesehatan memberikan suntikan penguat (booster) vaksin COVID-19 kepada warga setempat di sebuah lokasi vaksinasi sementara di Beijing, China pada 29 November 2021. - Antra/Xinhua
Seorang tenaga kesehatan memberikan suntikan penguat (booster) vaksin COVID-19 kepada warga setempat di sebuah lokasi vaksinasi sementara di Beijing, China pada 29 November 2021. - Antra/Xinhua

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil penelitian di China menunjukkan bahwa penggunaan vaksin yang berbeda (heterolog) sebagai suntikan penguat (booster) dapat membantu meningkatkan efek kekebalan terhadap Virus Corona.

Dalam penelitian tersebut, orang dewasa yang menerima dua dosis vaksin nonaktif CoronaVac dalam tiga hingga enam bulan terakhir divaksinasi dengan Convidecia, vaksin Covid-19 berbasis vektor adenovirus tipe 5 atau dosis ketiga CoronaVac.

Titer rata-rata geometrik (geometric mean titer/GMT) pascavaksinasi menjadi parameter imunologi utama yang secara memadai menunjukkan respons antibodi setelah vaksinasi.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine itu, GMT antibodi penetralisir terhadap SARS-CoV-2 mencapai angka 197,4 setelah Convidecia diberikan sebagai suntikan booster, sedangkan GMT mencapai 33,6 ketika dosis ketiga CoronaVac diberikan.

Para peneliti mengatakan, bahwa data itu menunjukkan bahwa suntikan booster heterolog (vaksinasi menggunakan jenis vaksin yang berbeda) dengan Convidecia setelah vaksinasi awal dengan CoronaVac aman dan lebih efektif dibandingkan suntikan booster homolog (vaksinasi menggunakan jenis vaksin yang sama).

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Vaksin Booster

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top