Kanker usus besar dapat terjadi di bagian mana pun dari usus besar. /mayoclinic.org
Health

Gejala Awal Kanker Usus Besar, Jangan Diabaikan!

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 15 Februari 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Usus adalah tabung otot berongga yang berjalan dari perut ke anus dan sangat penting untuk pemecahan makanan dan untuk memindahkan limbah yang tidak tercerna menuju rektum sehingga dapat keluar dari tubuh.

Kanker usus pada prinsipnya mengacu pada kanker yang dimulai di usus besar. Tergantung dari mana asalnya, itu bisa disebut kanker usus besar atau kanker dubur dan gejalanya bisa muncul ketika seseorang pergi ke toilet.

Ada sejumlah tanda yang menunjukkan adanya kanker usus besar atau rektum.

Penting untuk dicatat bahwa kanker usus dapat disembuhkan, terutama jika terdeteksi pada tahap awal. Namun kemungkinan untuk menyembuhkannya sepenuhnya menurun seiring dengan perkembangannya dan berubah menjadi penyakit yang ganas. Deteksi dan pengobatan dini benar-benar menyelamatkan nyawa dan inilah gejala yang harus Anda waspadai

Gejala kanker kolorektal stadium awal termasuk penurunan berat badan secara tiba-tiba, tinja sempit seperti pita, pendarahan dubur yang bisa berwarna gelap atau merah terang dan perasaan tidak enak yang membuat seseorang merasa harus mengosongkan usus tetapi tidak ada yang benar-benar lewat.

Gejala lain dari kondisi ini termasuk anemia, sakit perut terus-menerus dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Meskipun gejala-gejala ini bisa menjadi akibat dari kondisi kecil lainnya seperti bisul, wasir atau Penyakit Crohn, perlu untuk konsultasi pada dokter.

Beberapa gejala lain termasuk darah dalam tinja, perubahan waktu ekskresi teratur, peningkatan frekuensi pengosongan usus atau sembelit. Ini juga termasuk benjolan nyata di bagian belakang atau perut, atau perasaan perlu mengejan di bagian belakang. Gejalanya dapat diamati pada pria maupun wanita. Penting untuk membicarakan gejala-gejala ini dengan dokter Anda.

Faktor risiko

Meskipun tidak ada satu pun penyebab yang dapat diketahui secara pasti sebagai penyebab kanker usus, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit fatal tersebut. Perokok biasa juga rentan terkena kondisi ini.

Orang yang memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti kolitis ulserativa yang luas atau penyakit Crohn di usus besar untuk jangka waktu yang lama, berkisar sekitar sepuluh tahun atau lebih, juga ditemukan memiliki risiko lebih besar terkena kanker usus. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk berkembang.

Konsumen daging merah yang aktif dan berlebihan juga rentan. Pemeriksaan kanker usus secara teratur untuk orang yang memiliki satu atau lebih dari kebiasaan atau kondisi gaya hidup ini harus lebih sering menghadiri pemeriksaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro