Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Bahan Alami yang Bantu Redakan Batuk Pilek karena Omicron

Batuk dan pilek adalah sejumlah gejala yang muncul saat terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Ini bahan-bahan alami yang bantu meringankan batuk dan pilek.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 17 Februari 2022  |  08:35 WIB
6 Bahan Alami yang Bantu Redakan Batuk Pilek karena Omicron
Secangkir teh hijau - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Selain demam dan sakit tenggorokan, batuk dan pilek juga menjadi gejala yang kerap muncul saat seseorang terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Tak melulu dengan obat, Anda bisa mengandalkan sejumlah bahan alami untuk meredakan atau meringankan gejala-gejala tersebut.

Selengkapnya, berikut tujuh bahan alami pereda batuk dan pilek.

1. Bawang putih

Batuk dan pilek bisa dipicu oleh beberapa hal, misalnya saja infeksi virus atau bakteri, dan alergi. Sementara itu, dilansir dari Healthline, bawang putih memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Sejumah riset pun menyebut, suplemen ekstrak bawang putih bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta menurunkan tingkat keparahan batuk dan pilek.

2. Madu

Sama seperti bawang putih, madu juga mengandung antibakteri. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa madu dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa madu tak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 bulan karena ia mengandung bakteri clostridium yang berbahaya untuk bayi.

3. Teh

Mengonsumsi teh hangat bisa melegakan tenggorokan dan membantu melonggarkan lendir. Selain itu, teh juga mempunya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang sangat baik untuk penyembuhan.

4. Yoghurt

Tidak hanya membantu sistem pencernaan, tekstur yoghurt yang lembut bisa membantu membuat tenggorokan merasa nyaman, terlebih saat mengalami batuk parah.

5. Kunyit

Curcumin yang mana merupakan senyawa alami dalam kunyit adalah senyawa anti-inflamasi. Ia telah terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi.

6. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi. Pengonsumsian jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu Anda terhindar dari penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan Covid-19 omicron
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top