Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Ampuh Cegah Ngilu pada Gigi

Umumnya, ada dua macam penyebab gigi ngilu, yakni resesi gusi dan pengikisan lapisan email. Berikut cara ampuh mencegah munculnya rasa ngilu di gigi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  14:00 WIB
Ilustrasi gigi - istimewa
Ilustrasi gigi - istimewa

Bisnis.com, SOLO - Pernahkah Anda merasakan ngilu pada gigi saat sedang sikat gigi atau ketika mengonsumsi makanan mauapun minuman yang dingin? Jika iya, maka ada kemungkinan bahwa Anda memiliki jenis gigi yang sensitif.

Namun begitu, Anda tak perlu khawatir. Dokter spesialis konservasi gigi konsutan restorasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), drg. Iffi Aprillia, Sp.KG(K), memberikan sejumlah tips agar Anda terhindar dari gigi ngilu.

Pertama, pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan ganti pasti gigi khusus untuk gigi sensitif.

Selain itu, coba lakukan perawatan khusus gigi sensitif, rutin mengganti sikat gigi, serta hindari makanan yang keras, sehingga mencegah gigi retak.

"Jangan lupa juga untuk menyikat gigi dua kali sehari, 30 menit setelah sarapan dan sebelum tidur," ucap Iffi.

Lebih jauh, dirinya menambahkan bahwa khusus orang dengan struktur gigi yang rapat, mereka dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tak dapat dijangkau oleh sikat.

Sementara itu, Iffi tak menyarankan penggunaan tusuk gigi lantaran dapat mendorong sisa makanan ke bagian saku gusi.

Di sisi lain, ia menganjurkan agar masyarakat banyak mengonsumsi buah dan sayur. Pasalnya, serat yang terkandung dalam makanan tersebut dapat berfungsi sebagai sikat gigi alami, sehingga sistem cleansing di rongga mulut pun berfungsi.

"Boleh saja mengonsumsi makanan manis, namun jangan sampai berlebihan. Tidak lupa juga, setiap kita baru sembuh dari sakit, misalnya flu, sebaiknya sikat gigi diganti karena dikhawatirkan banyak abkteri atau virus yang terdapat dalam sikat gigi tersebut," kata Iffi.

Namun, apabila rasa ngilu terus-menerus muncul, bahkan terasa tanpa adanya rangsangan, ia pun menyarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Hal ini penting untuk diperhatikan agar permasalahan lebih cepat ditangani pada tahapan dini, sehingga rasa tidak nyaman yang muncul pun bisa segera hilang dan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan gigi

Sumber : Antara

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top