Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajib Tahu! Ini 5 Sayuran untuk Penambah Darah

Anemia atau kondisi di mana kadar darah rendah dapat mengganggu kinerja organ tubuh. Berikut 5 sayuran yang bermanfaat sebagai penambah darah.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  17:33 WIB
Bayam - bandt.com.au
Bayam - bandt.com.au

Bisnis.com, SOLO - Sering merasa lemas, cepat lelah, pusing, hingga napas pendek? Bisa jadi Anda mengalami anemia atau kurang darah. Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tak melulu dengan mengonsumsi obat-obatan, kurang darah ini bisa diatasi dan dicegah dengan mengonsumsi sayuran, terutamanya yang mengandung zat besi.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/2/2022), berikut daftar sayuran yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar darah dalam tubuh.

1. Bayam

Dikutip dari Healthline, bayam mengandung nitrat yang tinggi. Kandungan nitrat tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir ke dalam tubuh lebih mudah.

Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang disebut karotenoid yang dapat mengurangi risiko kanker, peradangan, dan menyehatkan mata.

2. Wortel

Dilansir dari Wellcurve, mengonsumsi wortel secara teratur bisa membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh secara alami. Selain dijadikan campuran dalam sup, Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara dijus.

3. Tomat

Disebutkan dalam Medicalnewstoday, tomat mengandung vitamin C dan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah dan membantu sirkulasi darah.

4. Daun kelor

Dilansir dari Metropolisindia, daun kelor kaya akan mineral, seperti seng, besi, tembaga, magnesium, vitamin A, B dan C. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kadar hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh pun bisa meningkat.

5. Kale

Selain serat, kale mengandung zat besi, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K. Ia juga kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. American Heart Association (AHA) menyebut, meningkatkan asupan kalium sekaligus mengurangi konsumsi garam, bisa mengurangi risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan sayuran anemia
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top