Ilustrasi sel darah merah/Istimewa
Health

Kenali Jenis-jenis Anemia, yang dapat Sebabkan Komplikasi Berbahaya

Ni Luh Anggela
Jumat, 29 Oktober 2021 - 16:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada hari Minggu (24/10) Sunao Tsuboi, seorang juru kampanye untuk perlucutan senjata nuklir yang selamat dari serangan bom atom AS di Hiroshima meninggal dunia karena aritmia yang disebabkan oleh anemia, menurut laporan Kyodo News.
 
Lantas, apa itu anemia dan apa yang terjadi apabila penyakit ini tidak segera diobati?
 
Anemia merupakan suatu kondisi dimana Anda kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh Anda. Akibatnya, penderita anemia menjadi mudah lelah dan pucat karena organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen.
 
Pada awalnya, anemia bisa sangat ringan sehingga Anda tidak menyadarinya. Tetapi, gejala memburuk saat anemia memburuk. Tanda dan gejala anemia bervariasi tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan anemia. Tergantung pada penyebab anemia Anda, Anda mungkin tidak memiliki gejala.
 
Tanda dan gejala, jika memang terjadi, mungkin termasuk kelelahan, kelemahan, kulit pucat atau kekuningan, detak jantung tidak teratur, sesak napas, pusing atau sakit kepala ringan, sakit di dada, hingga tangan dan kaki dingin.
 
Berbagai jenis anemia memiliki penyebab yang berbeda. Melansir Mayo Clinic, Jumat (29/10/2021), berikut jenis-jenis anemia yang umum terjadi berdasarkan penyebabnya.

1.  Anemia defisiensi besi

Jenis anemia yang paling umum dijumpai ini disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh Anda. Sumsum tulang Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh Anda tidak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah.

2.  Anemia defisiensi vitamin

Selain zat besi, tubuh Anda membutuhkan folat dan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah yang cukup sehat. Diet yang kekurangan nutrisi ini dan nutrisi penting lainnya dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah.

3. Anemia akibat peradangan

Penyakit tertentu  seperti kanker, HIV/AIDS, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit Crohn dan penyakit inflamasi akut atau kronis lainnya dapat mengganggu produksi sel darah merah, terutama bila berlangsung dalam jangka panjang.

4.  Anemia aplastik

Anemia langka yang mengancam jiwa ini terjadi ketika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup sel darah merah. Penyebab anemia aplastik termasuk infeksi, obat-obatan tertentu, penyakit autoimun dan paparan bahan kimia beracun.

5.  Anemia yang berhubungan dengan penyakit sumsum tulang

Berbagai penyakit seperti leukemia dan  myelofibrosis, dapat menyebabkan anemia dengan mempengaruhi produksi darah di sumsum tulang Anda. Efek dari jenis kanker dan gangguan mirip kanker ini bervariasi dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa.

6.  Anemia hemolitik

Kelompok anemia ini berkembang ketika sel darah merah dihancurkan lebih cepat daripada yang dapat digantikan oleh sumsum tulang. Penyakit darah tertentu meningkatkan penghancuran sel darah merah. Anda dapat mewarisi anemia hemolitik, atau Anda dapat mengembangkannya di kemudian hari.

7.  Anemia sel sabit

Kondisi yang diturunkan dan terkadang serius ini adalah anemia hemolitik. Ini disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang rusak yang memaksa sel darah merah untuk mengambil bentuk sabit (sabit) yang tidak normal. Sel darah tidak teratur ini mati sebelum waktunya, mengakibatkan kekurangan kronis sel darah merah.
 
Faktor-faktor seperti diet rendah zat besi, vitamin B-12, folat dan tembaga, gangguan usus, menstruasi, kehamilan, kondisi kronis, riwayat keluarga hingga usia dapat menempatkan Anda pada peningkatan risiko anemia.
 
Apabila tidak diobati, anemia dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kelelahan ekstrim, komplikasi kehamilan, masalah jantung (aritmia), hingga berujung pada kematian. Oleh karena itu, temui dokter Anda jika Anda menduga menderita anemia dan pastikan untuk makan makanan yang sehat dan bervariasi untuk mencegah beberapa jenis anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro