Ilustrasi kosmestik/ Bisnis.com
Health

8 Kandungan yang Harus Anda Hindari dalam Kosmestik, Waspada Ladies!

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 2 Maret 2022 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kosmetik sering digunakan untuk mempercantik tampilan wajah. Namun, para perempuan harus mewaspadai keberadaan kandungan berbahaya dalam kosmetik, terutama pada produk yang berani menjanjikan hasil instan.

Kandungan kosmetik yang berhahaya tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga menimbulkan ancaman kesehatan. Apalagi, kosmetik biasanya digunakan oleh para perempuan setiap hari dan digunakan sepanjang hari.

Oleh karena itu, para perempuan perlu mewaspadai dan menghindari bahan-bahan berbahaya yang mungkin terkandung dalam kosmetik. Jadi, Anda perlu untuk lebih berhati-hati saat memilih kosmetik. Ada beberapa bahan yang harus benar-benar dihindari dalam produk kecantikan demi keamanan kulit Anda.

Melansir dari Times of India, Rabu (2/3/2022), berikut 8 kandungan berbahaya yang ada dalam kosmestik seperti diungkapkan Sravya C Tipirneni, Konsultan Dermatologis dan Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal Bangalore.

8 kandungan yang Harus Anda Hindari dalam Produk Kosmestik

1. Phthalates

Phthalates, yaitu sekelompok bahan kimia yang digunakan dalam plastik. Dianggap sebagai pengganggu endokrin dan karsinogen secara khusus digunakan dalam produk kuku, semprotan rambut, dan banyak produk perawatan kulit lainnya.

2. Toluene

Toluena adalah bahan kimia lain yang digunakan dalam produk kuku yang cukup kuat untuk menjadi pengencer cat. Ini adalah petrokimia yang beracun bagi hati dan diketahui menyebabkan cacat lahir.

3. Polyethylene (PEGs)

Riasan dan pewarna rambut, produk perawatan kulit dengan tekstur yang kental, lembut, dan lembap mungkin mengandung bahan berikutnya yang harus dihindari yang membantu penetrasi produk dengan lebih baik.

Bahan ini dapat mengubah faktor kelembapan alami kulit. Ini adalah karsinogen dan iritasi pernapasan yang diketahui sehingga pada paparan jangka panjang menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

4. Carbon black

Meskipun carbon black ditambahkan ke daftar produk terlarang dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), tetapi kandungan ini masih ditemukan dalam produk kosmetik.

Sebagian besar pigmen hitam gelap dalam riasan mata berasal dari carbon black, atau versinya. Ini adalah bahan red flag yang harus diwaspadai, terutama pada riasan mata yang telah dikaitkan dengan kanker dan toksisitas organ.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro