Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Mencintai Diri Sendiri dalam Kehidupan Berkeluarga

Buku best seller berjudul Layangan Putus karya Drh. Eca Prasetya atau Mommy ASF ini menjadi viral lantaran kisahnya yang ternyata menyentuh hati para pembaca dan bahkan tidak dipungkiri dapat dialami didalam rumah tangga.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  21:15 WIB
Self Love - istimewa
Self Love - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya permasalahan seputar rumah tangga yang terjadi di Indonesia pastinya secara langsung akan mempengaruhi stabilitas emosi dan kesehatan mental.

Perselingkuhan dan poligami merupakan salah satu kasus permasalahan rumah tangga yang banyak dialami.

Belum lama ini web series Layangan Putus yang mengangkat kisah perselingkuhan pun menyita banyak perhatian dan ramai diperbincangkan.

Buku best seller berjudul Layangan Putus karya Drh. Eca Prasetya atau Mommy ASF ini menjadi viral lantaran kisahnya yang ternyata menyentuh hati para pembaca dan bahkan tidak dipungkiri dapat dialami didalam rumah tangga.

Bagaimana mengelola emosi dan kesehatan mental saat sedang diterpa berbagai masalah rumah tangga?

Dalam webinar bernama Love Yourself First dengan tema pahami diri sendiri dimulai dari self love yang digelar oleh PT Kobe Boga Utama, Frisca Melissa, M.Psi sebagai Psikologi Klinis mengatakan menurut penelitian perempuan lebih rentan terhadap stress dan lebih suka memendam masalahnya sendiri terutama permasalahan dalam rumah tangga.

Karena itu, katanya, penting bagi perempuan untuk mengetahui cara survive, cara mamahami dan mencintai diri sendiri tentunya dan kelebihan kekurangan pasangan yang memiliki sifat idealis.

"Apabila sudah berhasil bangkit kembali, berikan juga self reward seperti makan makanan kesukaan, liburan. Dengan memperhatikan kebutuhan diri sendiri dan meluangkan waktu untuk diri sendiri," ujarnya.

Menurutnya, itu adalah salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Agar kita bisa memberikan waktu, tenaga, cinta kita kepada orang lain baik itu suami atau anak, kita harus memulai dengan mencintai dan merawat diri sendiri terlebih dahulu.

Sementara itu, penulis Layangan Putus, Eca Prasetya mengajak para wanita, khususnya para ibu untuk bisa lebih memahami dan mencintai diri sendiri di tengah situasi yang tidak diinginkan dalam kehidupan berkeluarga.

Dengan lebih memahami dan mencintai diri sendiri, katanya, diharapkan dapat memberikan solusi dan membawa dampak yang bisa menyehatkan mental untuk kehidupan seorang ibu.

Eca Prasetya mengatakan, saat sedang terkena benturan atau masalah serupa seperti di kisah Layangan Putus, cobalah untuk menenangkan diri dan mempersilakan diri untuk merasakan kesedihan serta kekecewaan dari perasaan negatif yang memang hal itu realita serta manusiawi.

"Jadikan momen tersebut untuk instropeksi dan memahami diri, namun jangan berlarut-larut. Kemudian cari solusi dan perbaiki diri agar bisa bangkit kembali. Serta perhatikan juga orang-orang terdekat, anak misalnya, jangan biarkan masalah dan kesedihanmu memberikan dampak negatif kepadanya”. ujarnya.

Dalam webinar ini diungkapkan lebih dalam apa yang melatarbelakangi penulis mengangkat kisah permasalahan rumah tangga serta menilik sudut pandang psikolog dalam menyikapi persoalan tersebut. Penjelasan dari pakar psikolog turut memberikan solusi yang berkaitan dengan perasaan, emosi, dan perilaku. 

PT Kobe Boga Utama berharap, dengan diadakannya webinar Love Yourself First tersebut maka dapat membantu mengubah sudut pandang permasalahan yang sedang dihadapi serta mengetahui cara mengatasi kesedihan, kecemasan, dan ketakutan dengan lebih memahami dirinya sendiri yang dimulai dari self love.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keluarga tips cinta
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top