Ilustrasi pasien mengecek gejala diabetes/Freepik
Health

3 Gejala Diabetes yang Tidak Biasa

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 4 Maret 2022 - 12:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Diabetes adalah kondisi seumur hidup yang bisa luput dari perhatian selama bertahun-tahun. Meskipun ada beberapa gejala umum dari kondisi tersebut, ada juga beberapa tanda yang kurang diketahui bahwa Anda mungkin menderita diabetes.

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin sehingga menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Ada dua jenis utama diabetes: tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 adalah di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Diabetes tipe 2 adalah di mana tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin. Diabetes tipe 2 jauh lebih umum daripada tipe 1.

Beberapa gejala diabetes yang paling umum adalah merasa sangat haus, buang air kecil lebih sering dari biasanya terutama di malam hari, merasa sangat lelah, kehilangan berat badan dan otot, dan penyembuhan luka yang lambat. Namun, ada tiga gejala yang kurang umum yang bisa menjadi tanda peringatan.

Jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan, atau Anda yakin Anda mungkin menderita diabetes, penting untuk mengunjungi dokter Anda sesegera mungkin. Berikut tiga gejala yang tidak umum dilansir dari Express UK:

1. Bercak kulit gelap

Beberapa pasien bisa mengalami bercak besar pada kulit yang berwarna gelap. Dikenal sebagai ascanthosis nigricans, bercak ini dapat berkembang di tubuh. Hal ini biasa terjadi pada kulit di sekitar leher, namun bisa juga muncul di lipatan kulit seperti ketiak atau area selangkangan. Tekstur kulit Anda juga bisa berubah, terasa lembut disebabkan oleh tingginya kadar insulin dalam darah yang memicu reproduksi sel yang cepat.

2. Gatal

Gejala lain yang berdampak pada kulit adalah gatal-gatal. Biasanya, ini adalah rasa gatal yang tidak akan hilang tidak peduli seberapa banyak Anda menggaruknya. Disebabkan oleh rusaknya serat di seluruh tubuh, pasien sering mencatat ini yang paling pedih di tangan dan kaki. Namun, bisa juga disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah yang juga dapat mengurangi sirkulasi darah ke ekstremitas.

3. Lengan dan kaki yang sakit

Menurut HealthLine, nyeri kaki dan kram sering terjadi akibat kerusakan saraf yang disebut neuropati diabetik. Ini biasanya terjadi pada orang yang menderita diabetes jangka panjang. Rasa sakitnya terasa seperti sakit yang tumpul, atau bisa juga terasa sangat geli. Kram ini juga dapat berdampak pada anggota tubuh lainnya, seperti lengan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro