Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Putus Cinta dengan Orang yang Masih Anda Cintai

Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan perpecahan Anda secepat mungkin dan tanpa rasa sakit bagi Anda berdua.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Maret 2022  |  19:59 WIB
Ilustrasi perempuan menyendiri setelah putus cinta - Freepik
Ilustrasi perempuan menyendiri setelah putus cinta - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -Mengakhiri hubungan dengan seseorang yang sangat Anda sayangi adalah salah satu hal tersulit yang pernah Anda lakukan.

Anda mungkin menghadapi kebingungan, rasa bersalah, dan bahkan penyesalan, bahkan ketika Anda tahu itu satu-satunya jalan.

Jika Anda memerlukan saran tentang cara putus dengan seseorang yang masih Anda cintai, tidak perlu mencari lagi.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan perpecahan Anda secepat mungkin dan tanpa rasa sakit bagi Anda berdua.

1. Jelaskan pada diri sendiri kenapa Anda melakukannya

Sebelum Anda mengatakan pada pasangan, Anda harus membangun pelindung mental. Ketika Anda memulai perpisahan, pasangan Anda mungkin mencoba membuat Anda berubah pikiran, dan Anda harus kebal dari upaya mereka. 

2. Persiapkan diri Anda menghadapi respon dia

Anda mungkin berpikir Anda tahu bagaimana reaksi pasangan ketika Anda putus dengannya, tetapi Anda perlu bersiap untuk setiap kemungkinan. Mungkin mereka akan menerimanya jauh lebih baik daripada yang Anda perkirakan, tetapi mungkin juga mereka akan marah, putus asa, atau bahkan agresif. Pertimbangkan skenario terburuk dan rencanakan bagaimana Anda akan merespons. Menyulap respons rasional dari awal ketika Anda dihadapkan dengan emosi pasangan Anda.

3. Jangan Menunda

Ketika Anda tahu Anda perlu putus dengan seseorang, menyeretnya keluar berbahaya bagi Anda berdua. Banyak orang bertahan dalam hubungan yang tidak sehat bahkan ketika mereka tahu tidak ada harapan untuk perbaikan. Mereka terus mengatakan pada diri sendiri bahwa mereka akan pergi ketika waktunya tepat, ketika mereka tahu pasangan mereka berada di tempat yang positif, atau ketika mereka siap secara emosional untuk pergolakan. Tetapi tidak pernah ada waktu yang "baik" untuk menghancurkan hati Anda sendiri atau hati orang yang Anda cintai. Anda hanya perlu melakukannya. Lebih cepat lebih baik.

4. Bersikap tegas tapi tidak menyakiti

Ketika Anda akhirnya berbicara dengan pasangan, Anda harus langsung. Jangan mengisyaratkan apa yang Anda maksudkan, katakan saja pada mereka. Jika Anda tidak jelas, mereka mungkin berpikir Anda sedang membicarakan hal lain, seperti ingin istirahat atau ingin memperbaiki sesuatu bersama. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat ini adalah memberi mereka harapan. Tidak ada cara mudah untuk memberi tahu seseorang bahwa Anda akan meninggalkan mereka. 

5. Jujur

Jika Anda tergoda untuk mengatakan beberapa variasi, "Ini bukan Anda, ini saya," pilih kata-kata Anda dengan sangat hati-hati. Apakah itu yang sebenarnya Anda rasakan, atau Anda hanya mencoba membuat mereka merasa lebih baik? Perpisahan adalah hal yang sangat pribadi. Mengungkapkan klise hanya akan menyakiti orang tersebut. Anda berutang kepada mereka untuk memberi tahu mereka mengapa Anda mengakhiri hubungan, meskipun itu menyakitkan.

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta tips cinta jatuh cinta
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top