Tulus
Entertainment

5 Fakta Album Manusia Milik Tulus, Lagu Hati-hati di Jalan Paling Hit

Aliftya Amarilisya
Rabu, 9 Maret 2022 - 14:59
Bagikan

4 Fakta Menarik Lain Album Manusia Milik Tulus

2. Digarap selama 2 tahun

Dalam penuturannya, Tulus mengaku album Manusia ini dikerjakan dalam kurun waktu dua tahun. Seluruh lagu-lagunya dikemas dengan mengedepankan keeleganan Bahasa Indonesia.

"Album Manusia ini yang dikedepankan adalah eksplorasi penggunaan Bahasa Indonesia dengan segala bentuk keeleganannya," kata Tulus.

3. Arti nama album

Album tersebut diberi nama Manusia karena dirasa merepresentasikan lagu-lagu di dalamnya yang mana menceritakan ragam dinamika rasa manusia.

"Album ini menceritakan ragam rasa, dinamika menjadi manusia, sehingga lagu-lagu yang ditulis banyak berdasarkan cerita yang saya alami, lihat, interaksi saya dengan orang lain dan saya sendiri, dan akhirnya dirangkum sedemikian rupa," ucapnya.

4. Gandeng banyak musisi

Dalam prosesnya, Manusia tidak digarap sendirian oleh Tulus. Ia bekerja sama dengan produser Ari Renaldi, penyanyi Dere, Petra Sihombing, musisi Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul, serta Erwin Gutawa.

"Album ini adalah album yang dirakit oleh begitu banyak talenta di dalamnya dan saya sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan dipertemukan dan bekerja sama dengan talenta-talenta yang luar biasa di album ini," kata Tulus.

5. Terdiri dari 10 lagu

Album ini memiliki 10 lagu, yakni Tujuh Belas, Kelana, Remedi, Interaksi, Ingkar, Jatuh Suka, Nala, Hati-hati di Jalan, Diri, dan Satu Kali.

Dalam waktu 24 jam, lagu Hati-hati di Jalan pun langsung menghuni posisi ke-6 daftar tending musik di YouTube. Kini, lagu tersebut pun menempati urutan ke-1 On Trending for Music.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro