Perempuan solo traveling/pegipegi
Travel

6 Tips Solo Traveling untuk Perempuan, Cocok untuk Healing

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 10 Maret 2022 - 18:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Traveling terbukti memiliki dampak positif bagi diri sendiri, terutama untuk kesehatan mental. Dengan traveling, Anda dapat mengurangi tekanan batin, menjernihkan kembali pikiran, dan meningkatkan kebahagiaan.    

Traveling, baik secara solo dan kelompok tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Traveling secara kelompok dianggap lebih seru daripada sendirian, karena Anda akan memiliki partner untuk berbagi cerita.

Namun, seseorang yang gemar traveling solo biasanya bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran tanpa perlu berinteraksi dengan orang lain. Tidak adanya partner perjalanan akan membuat Anda merasa lebih bebas dalam membuat jadwal perjalanan. 

Faktanya, traveling solo juga memiliki kekurangan diantaranya, biaya perjalanan ditanggung sendiri, tidak ada teman untuk mengambil foto, dan perjalanan Anda akan menjadi lebih sepi.

Namun, dibalik kekurangannya, manfaat seperti melatih kemandirian, membantu menemukan jati diri, melatih untuk mengatur keuangan sendiri, dan menjadi lebih percaya diri bisa Anda rasakan. Selain itu, solo traveling juga bisa menjadi salah satu terapi healing bagi Anda yang ingin melepas penat sejenak dari kesibukan.

Bagi perempuan yang ingin mencoba solo traveling untuk healing, berikut beberapa tips menarik dari Pegipegi!

1. Mencari Informasi Destinasi yang Akan Dikunjungi

Sebelum memutuskan untuk solo traveling, tentunya Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut mulai dari kota tujuan tempat Anda berwisata, bagaimana daerah sekitar tempat tersebut, cuaca di daerah tersebut, serta budaya penduduk setempat. Anda juga bisa mencari informasi terkait pukul berapa yang ramai dan sepi di daerah tersebut. Dikarenakan Anda bepergian sendirian, Anda harus sebisa mungkin untuk menghindari 'jam sepi' agar lebih aman untuk bepergian.

2. Menghitung Budget

Setelah menentukan kota tujuan untuk berwisata, Anda harus menghitung budget yang Anda punya. Tujuan dari menghitung budget ini adalah agar Anda dapat bepergian sesuai dengan kemampuan. Anda harus menyesuaikan budget yang Anda punya dengan hotel tempat menginap, tempat wisata yang akan dikunjungi, dan berapa lama Anda akan bepergian. Budget yang dimiliki dapat dibagi sesuai kebutuhan, seperti untuk membayar tiket perjalanan, memesan hotel, mengunjungi destinasi wisata, dan uang saku selama di perjalanan.

3. Memesan Tiket Perjalanan

Setelah menghitung budget, Anda dapat langsung membeli tiket perjalanan. Anda bisa memilih untuk naik pesawat, kereta, atau bus. Transportasi perjalanan yang akan Anda gunakan dapat menyesuaikan budget yang Anda punya. Untuk keamanan diri, Anda dapat memesan tiket perjalanan secara online. Selain lebih aman, membeli tiket secara online biasanya akan mendapatkan promo-promo yang menguntungkan, juga membuat perjalanan Anda lebih terencana.

4. Memilih Hotel dan Destinasi Wisata

Anda dapat memilih hotel dan destinasi wisata sesuai dengan budget. Anda dapat membaca review-review hotel di daerah yang akan dikunjungi, lalu ketika hotel yang diincar sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, Anda dapat langsung memesan hotel tersebut. Anda juga dapat membaca dari berbagai sumber terkait destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di daerah tersebut.

5. Menyiapkan Barang Bawaan Anda

Hal ini adalah yang paling penting. Sebelum bepergian Anda harus menyiapkan barang bawaan, mulai dari pakaian, peralatan mandi, kartu identitas, dan lainnya. Jangan lupa menyiapkan pakaian-pakaian yang kece selama bepergian. Pakaian yang bagus juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih ceria dan bahagia.

6. Buat Rencana Cadangan

Anda harus mempunyai rencana cadangan ketika ingin bepergian. Jangan hanya terpaku dengan satu rencana. Buatlah rencana cadangan berdasarkan kendala-kendala yang mungkin terjadi, seperti cuaca yang tidak mendukung, kemacetan,  dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro