Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Gejala Kolesterol Tinggi di Tangan Anda, Sebagai Peringatan Dini

Kolesterol tinggi adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda. Seperti prekursor lain untuk serangan jantung atau stroke, dia beroperasi di bawah permukaan.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 17 Maret 2022  |  13:31 WIB
Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com
Ilustrasi mengecek kadar kolesterol tinggi dalam darah - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA — Diagnosis kolesterol tinggi hanya dapat dilakukan melalui tes darah oleh profesional kesehatan Anda.

Melihat perubahan yang tidak biasa pada tangan Anda bisa menjadi beberapa indikator pertama yang mungkin Anda perlukan untuk memeriksakan kolesterol Anda.

Kolesterol tinggi adalah ketika Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah Anda. Seperti prekursor lain untuk serangan jantung atau stroke, dia beroperasi di bawah permukaan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk dapat menemukan gejala peringatan yang tidak biasa termasuk salah satu dari tiga perubahan ini yang dapat Anda alami di tangan Anda, dilansir dari Express UK:

1. Penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan

Penumpukan kolesterol ini bisa terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa nyeri. Sensasi kesemutan yang dirasakan di daerah tubuh ini juga bisa menunjukkan level Anda sangat tinggi

2. Adanya benjolan

Benjolan kecil, kuning, berwarna daging atau merah yang lunak dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi. Benjolan ini muncul di siku, sendi, tendon, lutut, tangan atau kaki.

Ini bisa berupa benjolan atau endapan kolesterol, suatu kondisi karena kadar kolesterol tinggi atau masalah kesehatan serius lainnya seperti pankreatitis. Beberapa benjolan bisa sangat kecil, sementara yang lain bisa lebih besar dari tiga inci dengan diameter.

3. Timbunan lemak kolesterol yang disebut xanthomas dapat muncul di lipatan tangan

Menurut Rumah Sakit Winchester, xanthomas berkisar dari ukuran yang sangat kecil hingga tiga inci. Meskipun tes darah adalah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan kadar kolesterol, para peneliti India telah membuktikan bahwa adanya kadar kolesterol yang berbeda juga dapat diungkapkan melalui analisis citra kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Engineering and Informatics, melihat bagaimana lipatan yang tidak biasa ditemukan di tangan bisa menjadi indikasi kadar kolesterol tinggi.

N.R. Shanker dari Sree Sastha Institute of Engineering and Technology dan rekan menjelaskan bagaimana mereka telah mengembangkan cara non-invasif untuk menguji kadar kolesterol pada pasien dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Pendekatan mereka didasarkan pada pembuatan database besar kadar kolesterol yang direkam menggunakan tes darah standar dan dikaitkan dengan foto standar tangan untuk setiap pasien; kolesterol terkonsentrasi di lipatan jari seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lemak Gejala Penyakit Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top