Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Tidur Nyenyak dari Berbagai Belahan Dunia

Berikut tips dari Amerika Selatan, Swedia, dan negara lainnya agar bisa tidur nyenyak di malam hari
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 18 Maret 2022  |  22:39 WIB
Tips Tidur Nyenyak dari Berbagai Belahan Dunia
Ilustrasi mimpi saat tertidur - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernah merasa resah karena tidak bisa tertidur meskipun sedang lelah? Atau mungkin Anda akhirnya tertidur, tetapi tidur Anda merasa gelisah dan terus menerus terganggu.

Bagaimanapun juga, Anda mungkin tahu sulitnya mencari solusi tidur di tengah malam, meskipun tidak ada jawaban yang cocok untuk itu semua, budaya di seluruh dunia telah menemukan cara mereka sendiri untuk memastikan mereka mendapatkan istirahat yang mereka butuhkan.

Berikut tips dari Amerika Selatan, Swedia, dan negara lainnya agar bisa tidur nyenyak di malam hari:

1. China ( Merendam kaki dengan air panas dan memakan buah )

Kebiasaan tidur malam hari ini berakar pada Pengobatan Tradisional Cina (TCM) , dan ini adalah cara yang bagus untuk bersantai, menenangkan gigi yang lelah, dan memanfaatkan terapi air panas.

Yang Anda butuhkan hanyalah bak mandi atau baskom plastik kecil. Anda dapat menambahkan air panas Anda dengan bahan-bahan menenangkan yang berbeda, seperti:

· Garam Epsom

· Minyak esensial yang aman untuk kulit, seperti lavender dan mawar

· Kulit buah herbal seperti mugwort

Menurut TCM, ini dapat membantu mengurangi jumlah energi vital, atau qi, dalam pikiran. Selain merendam kaki china juga mempunyai cara lain yaitu memakan buah jujube

Buah jujube (suan zao ren) digunakan dalam TCM untuk menenangkan pikiran dan emosi, mendorong suasana hati yang santai dan tidur yang nyenyak.

“Jujube mengandung dua bahan kimia, saponin dan flavonoid , yang menekan perasaan stres sekaligus meningkatkan relaksasi,” kata Jamie Bacharach , seorang praktisi TCM dan ahli akupunktur berlisensi.

Flavonoid dan saponin juga dapat membantu memperpanjang waktu tidur. Flavonoid khususnya dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam tidur gelombang lambat (SWS)

Di sebuahUji klinis acak 2020 Sumber Tepercaya, 106 wanita pasca-menopause mengambil 250 mg kapsul jujube oral dua kali sehari selama 21 hari. Dibandingkan dengan kelompok kontrol, ditemukan bahwa jujube memiliki dampak positif pada peningkatan kualitas tidur dan dapat direkomendasikan sebagai obat herbal yang bermanfaat.

2. India ( obat herbal )

Salah satu herbal terpenting dalam pengobatan Ayurveda, obat tradisional anak benua India, ashwagandha telah digunakan selama ribuan tahun.

Ini digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan dan mendukung pengobatan gejala yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Dalam studi acak, double-blind, terkontrol plasebo tahun 2020 , 150 orang dewasa sehat diberi 120 mg ashwagandha sekali sehari selama 6 minggu. Studi ini menemukan bahwa ashwagandha:

· Pengurangan latensi tidur (waktu yang dibutuhkan untuk tertidur)

· Peningkatan kualitas tidur

· Mengurangi tidur non-restoratif

· Peningkatan kualitas hidup

SEBUAH studi 2019Sumber Tepercaya menemukan bahwa ashwagandha dikaitkan dengan penurunan tingkat kecemasan dan kortisol pagi yang lebih besar jika dibandingkan dengan plasebo. Kortisol adalah hormon stres yang diproduksi oleh sumbu hipotalamus hipofisis adrenal (HPA) yang dapat berkontribusi pada gangguan tidur.

3. Swedia ( minuman pengantar tidur)

“Trik klasik untuk tidur lebih nyenyak di Swedia baik untuk anak-anak maupun orang dewasa adalah minum Välling, minuman bubur hangat yang mengandung susu dan gandum, tepat sebelum tidur,” kata Karl Andersson , pakar budaya Nordik.

Kaya nutrisi dan mengenyangkan, minuman sereal susu yang berbahan dasar oat giling dan susu sapi ini sering diberikan kepada bayi dan balita.

Susu hangat adalah saran umum untuk menginduksi kantuk. Ini mengandung senyawa yang dikenal untuk mendukung siklus tidur yang sehat.

4. Amerika Serikat (Tidur Gantung)

Jika Anda senang berayun di tempat tidur gantung di luar ruangan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggantungnya di kamar tidur.

Sering diabaikan di Amerika Serikat, tempat tidur gantung dipandang sebagai pilihan tidur yang sah di Amerika Selatan dan Tengah.

"Tempat tidur gantung menyediakan dua hal yang penting untuk kualitas tidur: keamanan dan kenyamanan," kata pemilik toko kasur Stephen Light.

Sementara sebagian besar penelitian tentang manfaat tidur di tempat tidur gantung telah dilakukan bayi dari Sumber Tepercaya, sebuah studi 2011 mengeksplorasi bagaimana gerakan goyang tempat tidur gantung dapat mendorong tidur lebih nyenyak.

Dalam studi tersebut, 12 pria melakukan dua kali tidur siang selama 45 menit pada hari yang berbeda, satu tidur siang di tempat tidur yang tidak bergerak dan satu lagi di tempat tidur yang berayun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur pola tidur obat tidur Kamar Tidur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top