Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Suara Serak: Penyebab, Perawatan, dan Cara Pencegahan

Anda tahu seperti apa suara Anda biasanya. Jadi ketika Anda tiba-tiba berjuang dengan suara serak, itu bisa sedikit menggelegar. Dan juga, suara serak dan tegang yang keluar itu tidak terdengar seperti dirimu.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 22 Maret 2022  |  16:41 WIB
Suara Serak: Penyebab, Perawatan, dan Cara Pencegahan
Ilustrasi tenggorokan sakit

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak alasan mengapa suara Anda tiba-tiba terdengar terengah-engah, serak, atau tegang.

Meskipun kemungkinan besar bahwa Anda pernah mengalami suara serak di hidup Anda, tapi juga bisa membingungkan ketika muncul tiba-tiba.

Sebelum Anda panik, ketahuilah ini: Suara serak biasanya disebabkan oleh sesuatu yang kecil dan hilang dalam satu atau dua hari. Tapi suara serak yang berlanjut bisa menjadi tanda masalah mendasar yang perlu ditangani segera.

Apa itu suara serak?

Untuk memahami sepenuhnya apa itu suara serak, penting untuk memahami cara kerja suara Anda. Suara Anda dibuat oleh getaran pita suara Anda, dua pita jaringan otot polos yang berlawanan satu sama lain di laring Anda (alias, kotak suara Anda), menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD)

Saat Anda tidak berbicara, pita suara Anda tetap terbuka sehingga Anda bisa bernapas. Tetapi ketika Anda berbicara, pita suara menyatu saat udara dari paru-paru Anda lewat. Ini membuat mereka bergetar dan menciptakan gelombang suara yang melewati tenggorokan, hidung, dan mulut Anda. Semua faktor yang membentuk suara Anda, termasuk nada, volume, dan nada, ditentukan oleh ukuran dan bentuk pita suara Anda dan bagaimana suara bergema di tenggorokan, hidung, dan mulut Anda.

Saat suara Anda serak, ada sesuatu dalam mekanisme yang membuat suara Anda salah dan biasanya itu masalah pada pita suara Anda, menurut NIDCD. Hal ini menyebabkan suara terengah-engah, serak, atau tegang yang bisa lebih lembut dalam volume atau lebih rendah dalam nada.

Apa yang menyebabkan suara serak?

Banyak kemungkinan alasan mengapa Anda memilki suara serak, tapi pada umumnya inilah penyebab suara serak :

Radang tenggorokan

Laringitis adalah pembengkakan dan iritasi pada kotak suara Anda, dan sering menyebabkan suara serak atau kehilangan suara Anda, menurut MedlinePlus . "Laringitis adalah istilah yang sangat tidak spesifik yang menunjukkan ada semacam peradangan di laring," kata Dr. Song. "Tapi itu adalah penyebab suara serak yang sangat umum."

Bentuk laringitis yang paling umum adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti yang menyebabkan pilek , flu , atau COVID-19 . Laringitis juga dapat disebabkan oleh alergi , infeksi bakteri, bronkitis, cedera, atau iritasi dan bahan kimia. Semua ini dapat menyebabkan peradangan dan iritasi yang dapat menyebabkan suara serak, kata Dr. Song.

Refluks asam

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi kronis yang terjadi ketika isi perut Anda naik kembali ke kerongkongan, tabung yang menghubungkan tenggorokan ke perut Anda, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases . Lalu ada refluks laringofaring , ketika asam lambung naik sampai ke tenggorokan dan laring.

Terlalu sering menggunakan suara Anda

Ada banyak cara untuk menggunakan suara Anda secara berlebihan—termasuk berbicara atau menyanyi dengan keras dan berbicara terlalu lama—dan itu dapat menyebabkan suara serak. "Jika Anda menggunakan pita suara secara berlebihan, itu dapat menyebabkan peradangan dan apa yang dikenal sebagai fonotrauma," kata Dr. Song.

Bagaimana cara mengatasi suara serak?

Perawatan yang tepat untuk suara serak Anda biasanya tergantung pada apa yang menyebabkan suara serak itu.

Jika suara serak Anda disebabkan oleh infeksi virus, "hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengistirahatkan suara Anda," kata Dr. Mehdizadeh. Jika Anda tahu itu terkait dengan GERD, ia merekomendasikan untuk mencoba mengurangi refluks dengan obat penurun asam dan modifikasi pola makan. Jika Anda tidak yakin apa yang ada di balik suara serak Anda, Anda dapat mencoba pengobatan rumahan seperti menggunakan pelembab ruangan di kamar Anda pada malam hari, tetap terhidrasi dengan baik, dan melakukan yang terbaik untuk menghindari membersihkan tenggorokan, tindakan yang katanya "tidak pernah membantu" untuk pita suara Anda.

Bagaimana cara mencegah suara serak?

Jika Anda memiliki suara serak acak di sana-sini, tetapi hilang dengan cukup cepat, Dr. Song mengatakan Anda tidak perlu menekankannya. Tetapi jika itu adalah masalah yang lebih umum bagi Anda dan Anda cenderung banyak menggunakan suara dalam pekerjaan Anda, NIDCD merekomendasikan menjalani terapi suara untuk mencoba memahami mengapa ini menjadi masalah bagi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biaya rumah sakit sakit sakit kepala Sakit Gigi radang tenggorokan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top