Ilustrasi perempuan mengalami gejala Covid-19 varian Omicron/Everyday Health
Health

Ciri-ciri Sakit Tenggorokan Karena Covid

Mia Chitra Dinisari
Senin, 21 Maret 2022 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah sakit tenggorokan merupakan gejala Covid? Tanda-tanda coronavirus dijelaskan dan apa yang harus dilakukan jika Anda dites positif

Peningkatan kasus terjadi saat pembatasan dilonggarkan di seluruh negeri, dan varian baru Deltacron terus menyebar

Anda juga bisa terinfeksi berkali-kali, jadi penting untuk mengetahui tanda-tandanya.

Apakah sakit tenggorokan merupakan gejala Covid?

NHS telah menyoroti tiga gejala utama Covid sebagai berikut:

1. Suhu tinggi: Ini berarti Anda merasa panas untuk menyentuh dada atau punggung Anda (Anda tidak perlu mengukur suhu Anda).

2. Batuk baru yang terus menerus: Ini didefinisikan sebagai batuk banyak selama lebih dari satu jam, atau tiga atau lebih episode batuk dalam 24 jam (jika Anda biasanya batuk, mungkin lebih buruk dari biasanya).

3. Kehilangan atau perubahan indra penciuman atau pengecap (anosmia): Ini berarti Anda telah memperhatikan bahwa Anda tidak dapat mencium atau merasakan apa pun, atau hal-hal yang berbau atau terasa berbeda dari biasanya.

NHS tidak mencantumkan sakit tenggorokan sebagai salah satu gejala Covid, namun beberapa otoritas kesehatan lainnya mengindikasikannya sebagai salah satu gejala, seperti Pusat Pengendalian Penyakit Amerika.

Menurut Yella Hewings-Martin, PhD dari ZOE Covid Study yang melacak gejala di seluruh negeri, gejala paling umum yang dilaporkan penderita akhir-akhir ini adalah sakit tenggorokan, sakit kepala, pilek, kelelahan, dan bersin.

Studi Zoe Covid menulis dalam sebuah posting tahun lalu meskipun sakit tenggorokan adalah gejala Covid-19 yang kurang terkenal, itu adalah tanda awal penyakit dan cukup umum pada anak-anak dan orang dewasa hingga usia 65 tahun.

“Orang-orang yang menggunakan aplikasi telah melaporkan mengalami sakit tenggorokan yang terasa mirip dengan apa yang mungkin Anda alami selama pilek atau radang tenggorokan.

Mereka menegaskan, radang tenggorokan terkait Covid cenderung relatif ringan dan berlangsung tidak lebih dari lima hari.

Sakit tenggorokan yang sangat menyakitkan yang berlangsung lebih dari lima hari mungkin disebabkan oleh hal lain seperti infeksi bakteri, jadi jangan takut untuk menghubungi dokter Anda jika masalah berlanjut.

Sakit tenggorokan sering terjadi dan disebabkan oleh banyak penyakit pernapasan seperti pilek biasa. Jadi meskipun banyak orang dengan Covid-19 mengalami sakit tenggorokan, kebanyakan orang yang sakit tenggorokan tidak akan terkena Covid-19.

Ditambahkan bahwa gejala biasanya muncul pada minggu pertama sakit dan berlangsung selama dua hingga tiga hari, meskipun terkadang bisa lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro