Ilustrasi Omicron./Antara
Health

Ditemukan Varian Baru Covid-19, Lebih Menular dari Omicron?

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 3 April 2022 - 11:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan varian Covid baru telah ditemukan di Inggris. Mutan baru, yang disebut XE, mungkin lebih menular daripada jenis COVID-19 apa pun, kata badan kesehatan itu.

XE adalah "rekombinan" yang merupakan mutasi strain BA'1 dan BA.2 Omicron. Mutasi rekombinan muncul ketika seorang pasien terinfeksi oleh beberapa varian Covid.

Varian tersebut mencampur materi genetik mereka selama replikasi dan membentuk mutasi baru, kata para ahli Inggris dalam sebuah makalah yang diterbitkan di British Medical Journal.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa mutasi baru XE tampaknya 10 persen lebih menular daripada sub-varian BA.2 dari Omicron.

"Perkiraan awal menunjukkan keuntungan tingkat pertumbuhan masyarakat sebesar 10 persen dibandingkan dengan BA.2, namun, temuan ini memerlukan konfirmasi lebih lanjut," tambah badan kesehatan global itu dikutip dari berbagai sumber.

Badan kesehatan Inggris mengatakan bahwa XE pertama kali terdeteksi pada 19 Januari dan 637 kasus varian baru telah dilaporkan.

Sementara itu, sub-varian BA.2 dari Omicron menyebar dengan cepat ke seluruh dunia. Sekitar 4,9 juta orang di Inggris diperkirakan memiliki Covid-19 dalam pekan yang berakhir 26 Maret, atau 600.000 lebih banyak dari minggu sebelumnya, survei terbaru oleh Kantor Statistik Nasional mengatakan.

AS dan China juga melaporkan lonjakan kasus Covid yang didorong oleh varian BA.2. China melaporkan hampir 104.000 infeksi Covid domestik pada bulan Maret, dengan 90 persen kasus baru-baru ini ditemukan di Shanghai atau provinsi Jilin timur laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro